Jakarta (ANTARA) - Panitia Seleksi (Pansel) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan enam nama calon pejabat Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi yang lolos tahap seleksi penulisan makalah atau policy brief.

Berdasarkan surat bernomor B/004/PanselKPK/08/2023 yang diterima ANTARA pada Rabu, enam kandidat tersebut terdiri dari lima perwira tinggi Polri dan satu orang dari Kejaksaan Republik Indonesia.

Adapun nama-nama calon tersebut yakni:

1. Brigjen Pol. Bahtiar Ujang Purnama, yang bersangkutan adalah calon dari internal dari KPK yang saat ini menjabat sebagai Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK.

2. Brigjen Pol. Edgar Diponegoro, yang bersangkutan adalah perwira tinggi Polri yang saat ini bertugas sebagai Staf Khusus Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN). Di Korps Bhayangkara Edgar pernah menjabat sebagai Kabag Binkar Ro SDM Polda Kaltim hingga Kabag Binpam Ropaminal Div Propam Polri.

3. Brigjen Pol. Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi adalah calon internal KPK yang saat ini menjabat sebagai Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK. Sebelum bertugas di lembaga antirasuah Kumbul pernah dipercaya menjabat sebagai Direktur Reserse Narkoba Polda Sumatera Barat.

4. Brigjen Pol. Rakhmad Setyadi adalah perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Kerja Sama dan Penyuluhan Hukum (Karokermaluhkum) Divisi Hukum Polri.

5. Rudi Margono adalah satu-satunya calon Deputi Penindakan yang berasal dari Kejaksaan Republik Indonesia. Saat ini yang bersangkutan menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepulauan Riau.

6. Irjen Pol. Rudi Setiawan adalah perwira tinggi Polri yang saat ini mengembang jabatan sebagai Staf Ahli Sosial Politik Kapolri. Sebelumnya Rudi juga sempat menjabat sebagai Wakapolda Lampung dan Wakapolda Sumatera Selatan.

Para kandidat tersebut selanjutnya akan menjalani asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural. Proses asesmen akan dilaksanakan secara luring di kantor Badan Kepegawaian Negara, Jakarta Timur, pada 22-25 Agustus 2023.

Saat ini posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK diisi oleh Brigjen Asep Guntur selaku pelaksana tugas (plt). Asep saat ini menjabat sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Jabatan Deputi Penindakan sebelumnya dijabat oleh Irjen Pol Karyoto. Jabatan tersebut lowong setelah Karyoto kembali ke Polri dan menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Baca juga: KPK limpahkan berkas perkara suap terdakwa Yana Mulyana akhir Agustus

Baca juga: KPK tegaskan penanganan korupsi tak terpengaruh Pemilu

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023