Makassar (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Jakarta, Rabu menganugerahi Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa MSc,  penghargaan “Sarwono Award dan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture 2023”.

Penghargaan tersebut diberikan atas prestasi yang luar biasa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, kebudayaan, dan kemanusiaan.

Prof JJ  sapaannya juga diberikan kepercayaan untuk memberikan ide dan gagasannya pada acara bergengsi tersebut. Dalam kesempatan itu, Prof JJ membawakan materi bertajuk “Pemberdayaan Sosietal untuk Jagad Nusantara”.

Prof JJ, dalam keterangannya yang diterima di Makassar, mengatakan peradaban bahari sebagai poros maritim dunia idealnya akan menjadi medan magnet bagi warga negara untuk bergerak dan bertujuan bersama dalam menjalani perubahan menuju Indonesia Emas 2045.



Menurut dia, sebuah cita-cita dimana saat itu Gross National Income (GNI) Indonesia setara dengan capaian sebagai negara maju dan keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap).

Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture Tahun 2023 hadir sebagai bentuk apresiasi para ilmuwan, pakar atau praktisi yang telah memberikan sumbangan nyata dan bermanfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) – Kementerian Keuangan  menyelenggarakan Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture Tahun 2023.

Forum ini telah diselenggarakan sejak tahun 2002 dalam bentuk penyampaian kuliah ilmiah dengan tema tertentu sesuai dengan profesionalitas dan dedikasi dalam beragam bidang ilmu pengetahuan.

Pada tahun 2023, Sarwono Prawirohardjo Memorial Lecture memiliki isu dibidang Sosial Budaya/Social Empowerment.

Baca juga: BRIN berikan penghargaan kepada 12 periset berprestasi

Baca juga: Danpushidrosal: Megawati sangat layak terima brevet penghargaan

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023