Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi I DPR RI Dave Akbarshah Fikarno Laksono menilai strategi tempur dan pendekatan yang dijalankan TNI di Papua perlu ditinjau ulang lantaran situasi tak kunjung kondusif, menyusul kembali gugurnya prajurit TNI karena serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

"Strategi tempur dan pendekatan ke masyarakat tentunya harus di-review karena situasi masih belum juga membaik, korban jiwa terus berguguran, dan situasi belum juga kondusif," kata Dave kepada ANTARA dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dave juga menilai status hukum TNI wajib dipertegas di dalam pengejaran KKB di Papua. "Jangan sampai mereka dituduh pelanggaran HAM kembali ketika melakukan pemberantasan akan kelompok teroris Papua tersebut," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan Organisasi Papua Merdeka (OPM) sebagai KKB itu jelas merupakan perlawanan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Bamsoet sampaikan duka atas gugurnya satu prajurit TNI di Papua

Baca juga: Jenazah Marinir korban penembakan KKB dievakuasi melalui Sorong


"Mereka itu adalah teroris yang hanya ingin menghancurkan keberadaan Republik Indonesia," ucapnya.

Untuk itu, dia mengaku tak heran dengan dugaan alasan penembakan prajurit TNI karena KKB tidak senang dengan pembangunan Pos Satgas TNI/Polri yang ada di Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin (21/8).

"Ya, mana mungkin KKB senang dibangun pos tentara, wong itu musuh mereka. NKRI secara utuh adalah musuh mereka," katanya.

Dave pun menyampaikan dukacita atas gugurnya Pratu Agung Pramudi Laksono (27) anggota Satgas Pamtas Mobile Yon 7 Marinir TNI AL yang menjadi korban penembakan KKB.

"Prajurit yang meninggal itu pahlawan bangsa dan wajib dapat penghargaan tertinggi," kata dia.

Baca juga: Anggota Marinir meninggal dalam kontak tembak dengan KKB di Dekai

Jenazah Pratu Agung Pramudi Laksono telah diterbangkan dari Dekai, Ibu Kota Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan ke Jakarta pada Rabu menggunakan pesawat CN 235 ke Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Selanjutnya, jenazah Pratu Agung Pramudi Laksono akan dimakamkan di kampung halamannya di Grobogan, Jawa Tengah.

Baku tembak antara anggota Satgas Yonif 7/Marinir dengan KKB Kodap XVI Yahukimo terjadi Senin (21/8) sekitar pukul 11.10 WIT.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023