Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Kalimantan Barat Rizal Almuthahar mendukung perhelatan lomba perahu naga skala internasional yang dipusatkan di Sungai Kapuas.

"Kami menyambut baik dan mendukung hadirnya Internasional Dragon Boat 2023. Pontianak sebagai kota perdagangan dan jasa akan banyak terbantu dengan kehadiran kegiatan skala besar semacam ini," ujarnya di Pontianak, Rabu.

Selain itu, menurutnya ajang tersebut juga sangat berguna untuk regenerasi atlet-atlet dayung di Kota Pontianak dan Kalimantan Barat.

"Tentu kegiatan ini harus kita dukung bersama, bagaimana ini memberikan rasa bahagia buat masyarakat Kota Pontianak dan masyarakat Kalimantan Barat," ucap dia.

Sementara itu, Penyelenggara Internasional Dragon Boat 2023 Zulfydar Zaidar Mochtar menjelaskan bahwa perhelatan perlombaan perahu naga skala internasional di Kota Pontianak dihadirkan pada 2 September 2023 mendatang. Menurutnya hal itu selain sebagai bagian dan upaya untuk memajukan wisata di Kalbar juga memfasilitasi atlet dayung untuk berprestasi.

"Akan ada 40 tim dayung perahu naga termasuk dari Negara Brunei Darussalam dan Malaysia bertanding di Sungai Kapuas Pontianak," papar dia.

Ia mengatakan Internasional Dragon Boat 2023 rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kalbar.

"Kegiatan ini diselenggarakan guna mendukung perkembangan olahraga dayung yang lebih baik dan lebih baik lagi. Apalagi Kota Pontianak khususnya, Kalbar ini, punya sungai yang banyak maka pilihannya dayung," papar dia.

 

Pewarta: Dedi
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023