Kami mengapresiasi inisiasi panitia dan pihak kecamatan Ambawang Culture Festival 2023 dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Dari pemerintahan, berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan tahunan, sehingga bisa menjadi salah satu agenda wisata di Kubu Ra
Pontianak (ANTARA) - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya Rini Kurnia Solihat mengapresiasi kegiatan seni dan budaya bertajuk Ambawang Culture Festival 2023 yang dilaksanakan di Kecamatan Sungai Ambawang

"Kami mengapresiasi inisiasi panitia dan pihak kecamatan Ambawang Culture Festival 2023 dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Dari pemerintahan, berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan tahunan, sehingga bisa menjadi salah satu agenda wisata di Kubu Raya," kata Kadisporapar Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat di Sungai Raya, Minggu.

Rini mengatakan, dengan diadakannya kegiatan Ambawang Art Festival ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih berupa informasi tentang nilai seni dan budaya, eksistensi budaya, kearifan lokal yang masih ada dan terpelihara dengan baik.

"Kegiatan ini sebisa mungkin akan memberikan sumbangsih besar terhadap pengetahuan masyarakat lokal terutama bagi kaum muda agar mereka menyadari akan potensi yang ada di daerah mereka, baik itu dari segi seni budaya maupun pariwisata serta olahraga tradisional," tuturnya.

Menurut dia, Kecamatan Sungai Ambawang memiliki potensi luar biasa yang dapat dikembangkan, sehingga pihaknya bertanggung jawab untuk memberikan pembinaan dan penguatan kepada desa-desa di Kabupaten Kubu Raya, dengan harapan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.

"Kecamatan Sungai Ambawang ini sebagai paket komplit karena memiliki berbagai potensi yang dapat diperluas. Selain potensi alam yang melimpah, lokasi strategis, dan sumber daya manusia yang ada yang juga menjadi daya tarik unik sebagai Desa Wisata," katanya.

Dia menambahkan, sebelumnya pihak Kecamatan Kuala Mandor B, juga menggelar kegiatan Retok Art Festival, yang tujuan utamanya adalah memperkenalkan potensi wisata, seni, dan budaya yang dimiliki oleh Desa Retok. Pada kegiatan tersebut juga menampilkan beragam kegiatan, seperti Pagelaran Seni Budaya, Bazar UMKM, Seminar, dan Hiburan.

Di tempat yang sama, panitia Ambawang Culture Festival 2023, Agus mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk menggali potensi dengan Konsep Seni Budaya dan olahraga tradisional untuk menggerakkan Tata Kelola Kesenian dan Kebudayaan yang dibalut oleh potensi wisata yang ada di kecamatan Sungai Ambawang

"Kegiatan ini juga dapat menjadikan kesenian dan kebudayaan menjadi motor penggerak kemakmuran masyarakat serta menjadikan Kecamatan Sungai Ambawang ini sebagai daerah yang berbasis seni dan budaya," katanya.

Kegiatan Abawang Art Festival ini memadukan adat, seni budaya, Pariwisata dan olahraga tradisional karena pada dasarnya seni budaya dan pariwisata adalah sangat berkaitan di mana dalam acara ini pihaknya menghadirkan workshop menganyam tikar, tingkalakng, memahat dan membuat tattoo secara tradisi (hand tapping).

"Pada kegiatan ini juga dilaksanakan olahraa tradisional, yaitu menyumpit dan Semua unsur ini dapat berjalan seiring sejalan," kata dia.

Baca juga: Pemkab Kubu Raya perkuat pengembangan Desa Wisata

Baca juga: Menteri Sandiaga promosikan wisata penanaman Mangrove Digital

Baca juga: Rudi Hartono ubah mangrove Sungai Kupah jadi tujuan wisata

 

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023