Makassar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kegiatan pagelaran seni, budaya dan hiburan Makassar International Eight Festival and Forum (F8)  yang diprakarsai Pemerintah Kota Makassar, karena dinilai semakin inovatif menggerakkan sektor pariwisata.

"Saya mengapresiasi kegiatan F8 ini, walaupun tahun lalu saya juga mengikuti F8. Hal ini karena terus berinovasi dan meningkatkan kunjungan wisatawan baik dalam dan luar negeri," kata Sandiaga di sela kehadirannya di Kampus Politeknik Pariwisata Makassar, Rabu.

Dia mengatakan, terselenggaranya kegiatan F8 dengan berbagai macam agenda ini pada 23 - 27 Agustus 2023, tidak terlepas dari kerja keras dari seluruh stakehoder, baik pemerintah kota dan daerah di Sulawesi Selatan.

Menurut dia, kegiatan F8 yang melibatkan 12 negara turut berpartisipasi adalah bentuk keterbukaan Pemkot Makassar dalam membangkitkan ekonomi yang berdampak pada 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Ini juga berkaitan dengan tagline Kota Makassar sebagai kota makan enak," katanya.

Karena itu, tagline Makassar Kota Makan Enak tersebut mendorong pula wisata kuliner dan industri ekonomi kreatif menjadi lebih berkembang.

Termasuk keberadaan Pasar Cidu yang merupakan salah satu pasar tradisional di Makassar, telah menjadi fenomenal dengan kawasan kulinernya pada malam hari dan ramai dikunjungi.

Apalagi itu dikembangkan oleh mayoritas kaum milenial dan pangsa pasarnya juga adalah kalangan milenial.

"Tinggal ditingkatkan kualitas layanan dan juga pemenuhan standarisasinya, sehingga ini menjadi peluang baru dan pasar baru yang inovatif, termasuk membuka peluang kerja yang lebih banyak," katanya.

Baca juga: Tiga jet Sukhoi dan 10 penerjun meriahkan pembukaan Makassar F8
Baca juga: Wali Kota Makassar sebut persiapan F8 tuntas
Baca juga: Wali Kota Makassar siapkan Kapal Pinisi jamu para menteri di ajang F8

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023