Mudah-mudahan F8 Makassar semakin jaya ke depannya.
Makassar (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ajang Makassar International Eight Festival and Forum (F8) yang digelar di anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi masyarakat.

"F8 menjadi event luar biasa, apresiasi tentu saja karena event ini bentuk kebangkitan ekonomi dan tentunya berharap semakin jaya ke depannya," ujar Menparekraf usai membuka event Makassar F8 secara resmi, Rabu.

Sandiaga Uno yang membuka ajang bergengsi itu menyatakan pelaksanaan Makassar F8 tahun ini adalah yang kedua kalinya dirinya hadir dan membuka secara resmi.

Dia mengatakan banyaknya tamu yang hadir berpartisipasi dari negara-negara sahabat membuktikan Makassar F8 adalah selalu dinantikan oleh masyarakat, baik masyarakat lokal maupun internasional.

"Banyaknya peserta dari berbagai daerah dan negara sahabat membuktikan bahwa Makassar F8 ini memang dinantikan banyak orang," katanya pula.

Menparekraf Sandiaga Uno juga memberikan apresiasi kepada Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi atas penyelenggaraan ajang F8 ini yang telah menjadi bagian dari kebangkitan ekonomi Indonesia.

"Saya atas nama Pemerintah Republik Indonesia memberikan apresiasi, karena event ini adalah bagian dari kebangkitan ekonomi kita. Mudah-mudahan F8 Makassar semakin jaya ke depannya," ujarnya lagi.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan ajang F8 tahun ini jauh lebih semarak dari tahun lalu. Selain dihibur oleh band papan atas seperti Cokelat dan Slank, ajang F8 ini juga melibatkan sebelas negara. Di antaranya Singapura, Thailand, Vietnam, Laos, Filipina, Jepang, Malaysia, Prancis, Australia, Portugal, dan India.

Bahkan, lima negara ASEAN mengirim fashion desainer untuk mengikuti F8 di Kota Makassar, yakni Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, dan Laos.

Makassar F8 adalah singkatan dari fiction writer and font, flora and fauna, food and fruit, selain fusion music, film, fashion, fine arts, folk.

Event F8 ini turut dihadiri sejumlah undangan dari mancanegara, di antaranya Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar Mr Ohashi Koichi, Konsulat Jenderal Australia Mr Todd Dias, dan Perwakilan Kedutaan Prancis Ms Gwenaelle Amoussa.

Hadir juga Perwakilan Ambassador Of The United States Of America Mr John Mcdaniel dan tim, Head Of Ipoh City Delegate Malaysia Mr Arif bin Mohd Zainuddin, dan Konsulat Kehormatan Jerman Mr Oswald Sirapandji.
Baca juga: Sandiaga apresiasi F8 yang semakin inovatif gerakkan pariwisata
Baca juga: Sandiaga Uno: F8, atraksi kelas dunia


Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023