Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo tiba di Johannesburg, Republik Afrika Selatan, Rabu (23/8) petang untuk melanjutkan rangkaian kunjungannya di Benua Afrika.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis dini hari, Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1) yang membawa Presiden Jokowi dan rombongan tiba di Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Johannesburg, Republik Afrika Selatan sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Kunjungan ini dilakukan setelah sebelumnya Joko Widodo berkunjung ke Mozambik.

Baca juga: Presiden Jokowi lanjutkan lawatan kenegaraan menuju Afsel

Saat tiba, Presiden Widodo disambut oleh Menteri Kehutanan, Perikanan, dan Lingkungan Afrika Selatan Barbara Creecy, Manajer Senior Departemen Hubungan Internasional dan
Kerjasama (DIRCO) Afrika Selatan Sindiswa Mququ, serta Duta Besar RI untuk Republik Afrika Selatan Saud Purwanto Krisnawan beserta istri.

Di bandara tersebut, Presiden Jokowi juga turut disambut dengan Tari Zulu yang merupakan tarian penyambutan dari Afrika Selatan.

Dari Bandar Udara Internasional O.R. Tambo, Presiden Jokowi dan rombongan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Johannesburg.

Baca juga: Jokowi: Keragaman budaya jadi kekuatan kerja sama RI-Mozambik

Di hotel tersebut, Presiden Jokowi disambut oleh Konsul Jenderal RI Cape Town Tudiono serta sejumlah masyarakat Indonesia di Afrika Selatan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas dari Bandar Udara Internasional Maputo, Mozambik sekitar pukul 16.00 waktu setempat.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Johannesburg yaitu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca juga: Presiden: Indonesia-Tanzania miliki persamaan identitas

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023