Banyuwangi (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman dikukuhkan menjadi warga kehormatan masyarakat Osing saat berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (23/8) malam.

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Banyuwangi, Kamis, pemberian gelar sebagai warga kehormatan terhadap Jenderal Dudung dilakukan oleh Tokoh Masyarakat Osing Hasan Basri. Prosesi pemberian gelar sebagai warga kehormatan tersebut, dilakukan dengan memberikan udeng atau penutup kepala khas Masyarakat Osing.

"Ini adalah anugerah yang kami terima, dan kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Tanda kehormatan ini sendiri ada kriteria-kriteria yang harus kami jaga," ujar Jenderal Dudung.

Baca juga: KSAD puji toleransi keberagaman "Kampung Pancasila" Banyuwangi

Baca juga: KSAD Dudung Abdurrachman terima gelar kehormatan dari Pemkab Gowa


Dia menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Osing Banyuwangi yang telah memberikan kepercayaan dan menyandang status sebagai warga kehormatan.

Dalam maklumat pengukuhan masyarakat kehormatan yang sebelumnya dibacakan, terdapat empat kriteria yang menjadi karakter khas Masyarakat Osing, yakni patriotis, terbuka, kesetaraan atau egaliter dan mencintai (menguri-uri) warisan leluhur.

Jenderal Dudung mengaku dengan penobatannya sebagai warga kehormatan masyarakat Osing, kini TNI Angkatan Darat juga ikut menjadi bagian dari masyarakat Osing. Semua juga diajak terlibat untuk ikut menjaga martabat dan nama baik masyarakat Osing Banyuwangi.

"Juga sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, prajurit harus lebih dekat rakyat dan ikut mendukung pembangunan di daerah. Kabarkan juga kemajuan di Banyuwangi supaya bisa dicontoh oleh daerah-daerah lain," kata Jenderal Dudung.

Pada kesempatan tersebut, istri KSAD Dudung juga dinobatkan sebagai warga kehormatan masyarakat Osing yang ditandai dengan pemasangan selendang batik khas Banyuwangi oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Maklumat Pengukuhan sebagai warga kehormatan itu dibacakan oleh Tokoh Masyarakat Osing sekaligus Ketua Dewan Kesenian Blambangan Banyuwangi Hasan Basri.

Baca juga: Barong Banyuwangi meriahkan Festival Tepi Sungai Frankfurt

"Kami percaya Jenderal Dudung bisa menjaga nama baik Banyuwangi, khususnya masyarakat Osing dan membawa kebaikan untuk kita semua," kata Hasan.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengapresiasi Jenderal Dudung atas perhatiannya kepada masyarakat adat Osing di Banyuwangi.

Ia berharap hal tersebut dapat semakin meningkatkan kecintaan orang nomor satu di TNI Angkatan Darat itu untuk terus bersama membangun Banyuwangi.

"Semoga ini semakin menegaskan kecintaan Jenderal Dudung untuk masyarakat Banyuwangi. Di manapun berada," kata Bupati Ipuk.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023