Kuala Lumpur (ANTARA) - Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim mengatakan keberhasilan India mendaratkan pesawat ruang angkasa Chandrayaan-3 di kutub selatan Bulan menjadi kesuksesan juga bagi warga Asia.

“Mengirim ucapan selamat kepada Perdana Menteri India Natendra Modi dan rakyat Republik India atas keberhasilan mendaratnya pesawat ruang angkasa India Chandrayaan-3 semalam di kutub selatan Bulan yang belum pernah dieksplorasi manusia,” kata Anwar melalui akun media sosialnya yang diakses di Kuala Lumpur, Kamis.

Anwar mengatakan India telah “menangkap” bulan. Dan dirinya melihat keberhasilan itu tidak hanya kesuksesan bagi India semata tetapi juga kejayaan untuk Asia dan segenap warganya.

Malaysia turut berbangga atas pencapaian itu dan ternyata ini adalah “The Asian Century”, katanya.

“Tahniah India!” ujar Anwar.

Misi ketiga India dalam menjelajahi Bulan berhasil mendarat di Bulan sehingga menjadi negara pertama yang mendarat di kutub selatan satelit Bumi itu. Chandrayaan-3 memanggul misi mendaratkan penjelajah di Bulan.

Badan Riset Luar Angkasa India sehari sebelumnya mengatakan bahwa misi berjalan sesuai jadwal dan sistem sedang menjalani pengecekan berkala.

"Perjalanan lancar terus berlanjut," tulis badan itu dalam X (Twitter).

Badan luar angkasa India itu menyebutkan pendarat Chandarayan-3 siap untuk mendarat Rabu pukul 6.04 sore waktu setempat (19.34 WIB).

Badan ruang angkasa India juga menyiarkan gambar sisi jauh Bulan yang ditangkap oleh sistem deteksi bahaya pendarat dan kamera penghindaran yang membantu menemukan area pendaratan yang aman selama turun ke permukaan Bulan.

Pemerintah India menyebut pendaratan Chandrayaan-3 berhasil di mana kendaraan penjelajah roda enamnya akan bertugas selama 14 hari di Bulan.

Wahana antariksa itu memikul tiga tujuan besar, yakni mendarat dengan aman dan mulus di permukaan Bulan, menurunkan kendaraan penjelajah di Bulan, dan melakukan eksperimen ilmiah langsung di sana.

Sejauh ini, hanya ada tiga negara, yakni Amerika Serikat, Uni Soviet dan China, yang berhasil mendaratkan pesawat ruang angkasa dengan mulus di Bulan.

Jika berhasil, India akan menjadi negara pertama yang mendarat di kutub selatan Bulan yang jarang dijelajahi.

Baca juga: India jadi negara pertama mendarat di kutub selatan Bulan
Baca juga: Pesawat luar angkasa Rusia Luna-25 menabrak Bulan


Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023