... berharap pengawas dan peserta pemilu 2024 tidak hanya membaca dan ditandatangani komitmen bersama secara seremonial saja, tetapi harus dilaksanakan...
Pangkalpinang (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Inspektur Jenderal Polisi Yan Sultra, meminta peserta Pemilu 2024 untuk mematuhi deklarasi komitmen bersama untuk menjaga kondusifitas, guna menjaga pesta demokrasi yang aman, tertib, damai dan bermartabat.

"Kami berharap pengawas dan peserta pemilu 2024 tidak hanya membaca dan ditandatangani komitmen bersama secara seremonial saja, tetapi harus dilaksanakan," kata dia, saat menghadiri deklarasi pemilu 2024 di Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Kamis.

Baca juga: Jaksa Agung instruksikan jaksa cermat tangani korupsi jelang Pemilu

Ia mengatakan keamanan Pemilu 2024 tidak hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu dan peserta pesta demokrasi saja, tetapi diperlukan seluruh lapisan masyarakat Indonesia khususnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami dari kepolisian daerah ini akan menjamin keamanan kamtibmas untuk menciptakan keamanan yang kondusif," ujarnya.

Menurut dia dengan sinergitas antara pemerintah dan penyelenggara pemilu dan masyarakat, maka dapat menjadi kunci utama untuk merawat dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa ini.

Baca juga: Bawaslu RI dorong KPU revisi aturan kampanye di sekolah dan pemerintah

"Kepolisian tidak bisa sendiri mengawal pemilu ini, maka dari itu perlu sinergi semua pihak untuk menyukseskan pemilu yang jujur, aman dan damai," katanya.

Ia mengatakan komitmen bersama dalam mewujudkan pemilu damai di Provinsi Kepulauan Babel ini, seluruh peserta Pemilu 2024 telah menandatangani komitmen diantaranya siap menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dan UUD1945.

Selanjutnya, peserta pemilu 2024 siap mendukung pemilu 2024 yang berintegritas tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi SARA. politisasi identitas dan politik uang.

Baca juga: LIMA: Transparansi dana kampanye cerminkan kualitas pemilu

"Peserta Pemilu 2024 ini harus siap mewujudkan pemilu yang bersih, bermartabat, sejuk, damai, aman dan kondusif," katanya. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023