Hong Kong (ANTARA) - Saham-saham Asia menguat pada perdagangan Kamis, setelah hasil luar biasa dari perusahaan teknologi Nvidia mendorong Wall Street lebih tinggi dan penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS mengurangi tekanan pada biaya pinjaman secara global.

Serangkaian survei manufaktur yang lemah juga telah menghidupkan kembali harapan bahwa bank sentral akan menghentikan pengetatan, meskipun hal itu mungkin berubah tergantung pada petunjuk tentang suku bunga yang diberikan oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada pertemuan puncak bank sentral tahunan di Jackson Hole, Wyoming, pada Jumat (25/8/2023).

"Ekuitas menguat dan imbal hasil obligasi turun karena data PMI (Indeks Manajer Pembelian) awal untuk Agustus mengisyaratkan melemahnya aktivitas ekonomi di AS, kawasan euro, dan Inggris, memicu ekspektasi pasar bahwa bank sentral mungkin tidak perlu menaikkan suku bunga lagi," kata analis di ANZ dalam sebuah catatan.

"Simposium Jackson Hole minggu ini tetap menjadi fokus pasar... Kami memperkirakan (Powell) akan berhati-hati sehubungan dengan inflasi, mencatat beberapa tanda perbaikan namun perjalanan masih panjang."

Pasar Eropa bersiap untuk pembukaan yang lebih tinggi, dengan Euro Stoxx 50 berjangka naik 1,7 persen, DAX berjangka Jerman naik 0,6 persen dan FTSE berjangka bertambah 0,5 persen.

Indeks MSCI yang terdiri dari saham-saham Asia Pasifik di luar Jepang terangkat 1,7 persen, juga terangkat oleh prospek bullish Nvidia.

Namun indeks tersebut turun 8,1 persen sepanjang bulan ini karena melemahnya perekonomian China dan yuan, serta beberapa data pabrik yang suram dari Jepang, yang juga membuat sentimen rapuh.

Saham Australia, indeks S&P/ASX 200 berakhir naik 0,47 persen, sementara indeks saham Nikkei Jepang ditutup menguat 0,87 persen, dalam kenaikan sesi keempat berturut-turut pada Kamis, kenaikan terpanjang sejak pertengahan Juni.

Saham-saham China juga rebound dengan indeks saham-saham unggulan CSI300 ditutup menguat 0,72 persen dan indeks Hang Seng Hong Kong berakhir naik 1,98 persen karena beberapa investor membeli saat penurunan menyusul kemerosotan baru-baru ini.

Yuan naik tipis terhadap dolar, karena bank sentral terus menetapkan kurs tengah harian pada level yang lebih kuat dari perkiraan.

“Dengan mata uang China yang menguat hari ini, modal asing telah mengalir kembali dan membantu menstabilkan pasar saham China,” Zhang Zihua, kepala investasi di Beijing Yunyi Asset Management. "Reli di pasar Asia yang lebih luas mengikuti perkiraan Nvidia juga telah mengangkat sentimen."

Investor asing membeli bersih 2,9 miliar yuan (398,78 juta dolar AS) saham China sejauh ini, menghentikan penjualan berturut-turut selama 13 hari.

Pada Rabu (23/8/2023), saham-saham AS berakhir naik tajam secara keseluruhan karena saham Nvidia melonjak hampir 10 persen dalam perdagangan setelah penutupan perdagangan, mencapai level tertinggi sepanjang masa setelah memperkirakan pendapatan kuartal ketiga jauh di atas target Wall Street.

Di Wall Street, Dow Jones Industrial Average naik 0,54 persen, S&P 500 naik 1,10 persen dan Komposit Nasdaq bertambah 1,59 persen.

Imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang menjadi acuan mencapai 4,2076 persen dibandingkan dengan penutupan AS sebesar 4,198 persen pada Rabu (23/8/2023) ketika turun dari level tertinggi dalam 16 tahun setelah data aktivitas bisnis yang lemah dari Amerika Serikat dan zona euro.

Imbal hasil obligasi dua tahun, yang naik seiring dengan ekspektasi para pedagang terhadap suku bunga dana Fed yang lebih tinggi, menyentuh 4,9885 persen dibandingkan dengan penutupan di AS sebesar 4,952 persen.

Di pasar mata uang, indeks dolar tetap datar di 103,35 pada perdagangan sore Asia setelah mencapai level tertinggi dua bulan di 103,4 terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya.

Baca juga: Wall Street ditutup naik tajam, didorong lonjakan pembuat AI Nvidia
Baca juga: Minyak turun karena data ekonomi lemah, pidato ketua Fed jadi sorotan
Baca juga: Harga emas melonjak karena dolar dan imbal hasil obligasi AS melemah

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023