Jakarta (ANTARA News) - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyatakan akan memperjuangkan beasiswa pendidikan tinggi bagi para mahasiswa jurusan sosial karena program beasiswa selama ini dinilai cenderung diperuntukkan mahasiswa dengan jurusan tertentu.

"Tentunya tidak relevan kalau pemberian beasiswa hanya diprirotaskan kepada jurusan MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan alam,red). Beasiswa adalah masalah akses untuk mendapatkan pendidikan maka harus dibagi secara adil kepada mahasiswa dari berbagai jurusan," kata anggota Komisi X DPR Dedi S. Gumelar di Jakarta, Selasa.

Pernyataan itu dia sampaikan ketika mendampingi Wakil Ketua DPR Pramono Anung menerima kunjungan delegasi Forum Komunikasi Mahasiswa (FKM) Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Dedi menegaskan bahwa pemberian beasiswa bagi mahasiswa jurusan ilmu sosial harusnya memiliki porsi yang sama dengan pemberian beasiswa bagi mahasiswa jurusan lainnya.

"Pasalnya, ketentuan tersebut sudah diatur dalam Undang-Undang No.12 tahun 2012 bahwa rumpun ilmu sudah dibahas dengan seksama, salah satunya ilmu sosial harus masuk program itu," katanya.

Hal tersebut dikemukakan oleh anggota Komisi X itu untuk menanggapi keluhan dari FKM Sekolah Pasca Sarjana UPI mengenai sering adanya ketidakadilan dalam pemberian beasiswa, terutama bagi para mahasiswa dari jurusan sosial.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013