Rencana tapak sudah ada, tata ruang alokasi wilayah yang diperuntukkan untuk akomodasi seperti hotel dan restoran juga sudah ada
Garut (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menarik atau mengundang investor ikut mengembangkan objek wisata danau Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi yang baru selesai direvitalisasi. 

"Rencana tapak sudah ada, tata ruang alokasi wilayah yang diperuntukkan untuk akomodasi seperti hotel dan restoran juga sudah ada," kata Kepala DPMPTSP Kabupaten Garut Wahyudijaya di Garut, Kamis.

Ia menuturkan Situ Bagendit saat ini sudah direvitalisasi dengan anggaran dari pemerintah pusat, dan lokasi itu sudah bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berwisata.

Di kawasan objek wisata danau alami seluas 70 hektare itu, menurut Wahyudijaya, investor dapat membangun hotel maupun restoran, dan turunannya nanti masyarakat setempat bisa menyediakan penginapan maupun usaha rumah makan.

"Perlu ada akomodasi, akomodasi itu hotel dan restoran, terus dampak turunan kepada masyarakat itu nanti ada 'homestay'," kata Wahyudijaya.

Baca juga: Blitar hibahkan ikan koi kualitas unggul untuk dibudidayakan di Garut

Baca juga: Pemkab Garut terus buka investasi untuk bangun ekonomi daerah


Ia menyampaikan saat ini pemerintah daerah berupaya mengundang investor datang ke Garut dan mau berinvestasi, khususnya di sektor pengembangan wisata Situ Bagendit.

Adanya fasilitas penunjang di kawasan wisata itu, kata dia, memberikan dampak wisatawan mau berlama-lama berwisata yang akhirnya akan lebih banyak membelanjakan uangnya di Garut.

"Pariwisata ini lama betah tinggal, agar wisatawan bisa mengeluarkan kocek lebih banyak, kalau tidak ada fasilitas penunjang jadinya hanya sehari itu," katanya.

Ia menambahkan agar bisa menarik investor ke Garut maka semua pihak termasuk dinas terkait untuk bisa ikut berperan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Garut, khususnya ke Situ Bagendit.

Ia berharap keberadaan Tol Getaci yang gerbang tolnya akan ada di wilayah Kabupaten Garut, dapat memperkuat dorongan investor untuk masuk ke Garut, dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Garut.

"Soalnya ini lihat arus kunjungan juga, investor juga melihat tingkat kunjungan, kalau bagus bisa jadi (berinvestasi)," katanya.

Baca juga: Gubernur Jabar resmikan wisata kelas dunia Situ Bagendit di Garut

Baca juga: Disparbud Garut: wisata kelas dunia Situ Bagendit siap diresmikan

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023