Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI menggandeng anak muda untuk turut berpartisipasi aktif menjadi pemilih pemula menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Anak-anak muda harus sadar haknya untuk berpolitik dan menentukan pilihannya demi mewujudkan pemilih cerdas dan berkualitas,” ujar anggota KPU DKI M Tarmizi saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Tarmizi menyatakan KPU DKI bersama pemerintah melalui Badan Kesbangpol melaksanakan sosialisasi kepada siswa/madrasah aliyah di bawah naungan Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan informasi pemilu.

Menurut dia, sebagai wujud tanggung jawab dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka peran masyarakat sangat penting dalam menciptakan pemilu berkualitas.

Tercatat Daftar Pemilih Tetap Provinsi DKI Jakarta pada Pemilu 2024 dari 8.252.897 pemilih, sebanyak 801.803 di antaranya pemilih pemula.

"Diharapkan masyarakat aktif berpartisipasi dalam penyelenggaraan pemilu dengan terlibat sebagai petugas penyelenggara atau pengawasan pemilihan umum," ujarnya.

Baca juga: DKI bersama Bawaslu dan KPU komitmen jaga Jakarta tetap bersih

Baca juga: KPU DKI layani parpol perbaiki dokumen persyaratan bacaleg
Selain itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah merilis Daftar Calon Sementara (DCS) Anggota DPD dan DPRD Tingkat Provinsi DKI Jakarta melalui laman resmi jakarta.kpu.go.id.

"Saat ini KPU Provinsi DKI Jakarta membuka masukan dan tanggapan masyarakat atas daftar bakal calon sementara anggota DPD dan DPRD," tambah Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi DKI Jakarta Astri Megatari.

Astri menambahkan maka dari itu perlu peran masyarakat khususnya anak muda memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya lantaran batas akhirnya sampai Senin (28/8).

Masyarakat dapat menyampaikan masukan dan tanggapan melalui kanal https://infopemilu.kpu.go.id/, email tangmaskpukabkotadkijkt@gmail.com maupun dengan datang langsung ke Kantor KPU Provinsi DKI Jakarta Jalan Salemba Raya No.15, Jakarta Pusat.

Dia menambahkan literasi dan edukasi kepemiluan penting untuk terus disosialisasikan kepada masyarakat untuk menciptakan pemilih cerdas guna terhindar disinformasi, hoax, politisasi SARA, dan politik uang.

"Pemilih pada Pemilu 2024 didominasi pemilih muda yang menjadi garda terdepan dalam menyebarluaskan informasi positif," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi terkait kepemiluan dan berpartisipasi aktif mampu menyukseskan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Dalam DCS yang ditetapkan, jumlah calon anggota DPD sebanyak 25 orang yang terdiri atas 16 orang laki laki dan 9 orang perempuan.

Sementara DPRD Provinsi DKI Jakarta sebanyak 1.818 orang yang terdiri atas 1.173 Laki laki dan 645 perempuan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023