Johannesburg (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping di Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (24/8), menyampaikan pidato utama dalam acara Dialog Pemimpin China-Afrika serta mendorong China dan Afrika untuk bekerja sama demi mewujudkan modernisasi.

Xi mengatakan bahwa China bersedia meluncurkan sebuah inisiatif untuk mendukung industrialisasi Afrika dan mengimplementasikan sebuah rencana untuk mendukung modernisasi pertanian Afrika.

Dia menambahkan China akan membantu Afrika memperluas perkebunan biji-bijian dan mendorong perusahaan-perusahaan China untuk meningkatkan investasi pertanian di Afrika.

China akan menjadi tuan rumah Forum Kerja Sama Pertanian China-Afrika kedua di Hainan pada November mendatang. China pun akan memberikan bantuan pangan darurat tambahan kepada beberapa negara Afrika yang memerlukan guna membantu mengatasi krisis pangan yang sedang berlangsung.

China juga akan meluncurkan rencana kerja sama China-Afrika dalam pengembangan talenta serta melatih 500 kepala sekolah dan guru berkaliber tinggi di sekolah kejuruan dan 10.000 tenaga teknis dengan keterampilan Bahasa Mandarin dan kejuruan untuk Afrika setiap tahunnya, ungkap Xi.

Rakyat Afrika memiliki hak tertinggi mengenai jalur mana yang paling cocok bagi Afrika, menurut Xi. Oleh karena itu, China akan bekerja dengan Afrika untuk meningkatkan sinergi strategi pembangunan melalui kerja sama Sabuk dan Jalur Sutra serta Forum Kerja Sama China-Afrika.

China juga akan terus mendukung Afrika dalam berbicara dengan satu suara mengenai urusan internasional untuk terus meningkatkan kedudukan internasionalnya.

Xi menambahkan China akan bekerja secara aktif pada KTT G20 mendatang guna mendukung keanggotaan penuh Uni Afrika dalam kelompok tersebut. China pun mendukung pembentukan pengaturan khusus mengenai reformasi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) demi memenuhi aspirasi Afrika sebagai prioritas.

Xi juga mendorong upaya kerja sama China dan Afrika dalam menciptakan lingkungan sehat guna mewujudkan visi pembangunan masing-masing, dengan mendorong tatanan internasional adil dan setara, mempraktikkan multilateralisme sejati, serta dengan tegas menentang sisa-sisa kolonialisme dan hegemonisme dalam segala bentuk.

China siap bekerja sama dengan Afrika untuk menerapkan visi baru mengenai keamanan bersama yang komprehensif, kooperatif, dan berkelanjutan, mengadvokasi penyelesaian perbedaan dan perselisihan melalui dialog dan kerja sama, memfasilitasi penyelesaian politik atas isu-isu penting internasional dan regional, serta menjaga perdamaian dunia dan stabilitas, ujar Xi Jinping.
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023