Cianjur (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, membuka layanan daring (online) bagi warga yang kesulitan mendapatkan air bersih selama musim kemarau dan pelayanan pengasapan gratis guna antisipasi Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Markas PMI Cianjur, Fajar Aciana di Cianjur Jumat, mengatakan sejak satu pekan terakhir permintaan suplai air bersih dan pengasapan dari sejumlah kecamatan meningkat terutama dari wilayah timur dan sebagian wilayah utara terutama Kecamatan Cugenang dan Cianjur kota.

"Setiap harinya lebih dari empat permintaan untuk distribusi air bersih ke wilayah timur seperti Kecamatan Karangtengah, Sukaluyu, Haurwangi dan Kecamatan Ciranjang. Untuk pengasapan permintaan mendominasi di wilayah Cianjur kota dalam sepekan yang terlayani 4 lokasi," katanya.

Untuk memudahkan warga mendapatkan pelayanan dari PMI Cianjur, tutur Fajar dapat menghubungi nomor hotline 085827871110 atau datang langsung ke Markas PMI Cianjur di Jalan Pangeran Hidayatullah, Kelurahan Sawahgede, agar permintaan yang diajukan dapat langsung diberikan termasuk layanan ambulan gratis.


Baca juga: BPBD Cianjur lakukan antisipasi dampak kekeringan

Baca juga: Pemkab Cianjur dan PMI masih berikan air bersih ke penyintas gempa


Tercatat setelah gempa Cianjur tahun lalu, pendistribusian air bersih untuk warga penyintas gempa di sejumlah wilayah di Cianjur terutama Kecamatan Cugenang, masih terus diberikan karena warga kesulitan mendapatkan air bersih diperparah masuknya musim kemarau.

"Untuk pelayanan air bersih setiap harinya sekitar 15 ribu liter ke tiga titik pendistribusian rutin di wilayah Cugenang dan Kecamatan Haurwangi. Selama musim kemarau kami berkoordinasi dengan Perumdam Cianjur dan BPBD Cianjur guna memberikan pelayanan," katanya.

Pihaknya meminta warga di sejumlah wilayah terdampak kekeringan untuk menyiapkan bak penampungan agar memudahkan petugas dalam pendistribusian dan maksimal dalam pengiriman setiap harinya, termasuk pihak desa menyiapkan lokasi penampungan yang mudah dijangkau warga.

"Kami akan terus memberikan pelayanan selama dibutuhkan warga karena dua hari terakhir permintaan meluas ke wilayah utara seperti Kecamatan Cikalongkulon," katanya.

Baca juga: Perumdam bersama PMI Cianjur tetap berikan pelayanan air bersih

Baca juga: PMI bangun instalasi pengolahan air bersih siap minum untuk penyintas

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023