Pemerintah Indonesia ingin agar ekspor ke Arab Saudi tidak melalui negara penghubung. Saya berharap agar pengusaha besar Indonesia bisa bertemu dengan Kadin Arab Saudi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, hubungan dagang Indonesia dan Arab Saudi harus terus meningkat tanpa adanya negara penghubung.

"Pemerintah Indonesia ingin agar ekspor ke Arab Saudi tidak melalui negara penghubung. Saya berharap agar pengusaha besar Indonesia bisa bertemu dengan Kadin Arab Saudi," ujar Mendag melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Zulkifli menyampaikan, hubungan antara Indonesia dan Arab Saudi terjalin sangat baik dan diharapkan dapat meningkatkan kinerja ekspor Indonesia. Kerja sama perdagangan terus diintensifkan dengan para pengusaha besar Arab Saudi.

Sebelumnya, pengusaha Indonesia dan Arab Saudi telah melakukan pertemuan dengan di Jakarta guna menggenjot nilai perdagangan kedua negara.

"Insya Allah ke depan hubungan dagang kedua negara akan terus meningkat. Beberapa bulan lalu Indonesia dan Saudi menyelenggarakan forum bisnis di Riyadh dan Jeddah yang dihadiri pengusaha- pengusaha top 10 masing-masing negara," kata Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli juga meminta dukungan percepatan peluncuran dan perundingan Indonesia-Gulf Cooperation Council Economic Partnership Agreement (IGCC-EPA).

Sebelumnya, saat pertemuan Mendag RI dengan Sekjen Gulf Cooperation Council (GCC) di Misi Dagang ke Arab Saudi pada 23 Januari 2023, telah disepakati untuk memulai perundingan IGCC-EPA. GCC juga telah mendapatkan izin prinsip dari Ministerial Council untuk melakukan perundingan EPA dengan Indonesia.

"Indonesia telah menyampaikan draf Term of Reference (ToR) perundingan IGCC-EPA sejak 3 Februari 2023 dan mengusulkan peluncuran kepada sekretariat GCC pada 28 Februari 2023," katanya.

Sementara itu, Mendag Arab Saudi Majid bin Abdullah Al-Qasabi menyambut baik sikap pro-aktif Zulhas dalam meningkatkan volume perdagangan antarnegara. Ia mengatakan bahwa perdagangan dengan Indonesia bisa ditingkatkan.

"Seharusnya perdagangan dengan Indonesia terus meningkat dan tinggi. Saat ini kami punya perdagangan yang baik dengan Vietnam dan Thailand. Dengan Indonesia seharusnya bisa lebih baik," ujar Majid.

Total perdagangan Indonesia-Arab Saudi pada periode Januari-Juni 2023 tercatat sebesar 2,93 miliar dolar AS. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Uni Emirat Arab sebesar 1,10 miliar dolar AS serta impor Indonesia dari Uni Emirat Arab sebesar 1,83 miliar dolar AS.

Sedangkan pada 2022, total perdagangan kedua negara mencapai 7,50 miliar dolar AS atau meningkat dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 5,55 miliar dolar AS.

Baca juga: Mendag yakin IUAE CEPA tingkatkan hubungan dagang Indonesia-Arab Saudi
Baca juga: Mendag Indonesia tuntut aksi nyata negara anggota G20
Baca juga: Hubungan kian hangat, Menlu Iran segera kunjungi Arab Saudi

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023