Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menegaskan Indonesia mau mempercepat penyelesaian Perundingan Indonesia European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (IEU-CEPA) sekaligus meminta Uni Eropa untuk bersikap fleksibel dalam perundingan.

"Uni Eropa harus siap bersikap fleksibel dalam perundingan, sehingga perjanjian yang disepakati dapat memberikan manfaat yang seimbang bagi kedua pihak," ujar Zulkifli melalui keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dalam pertemuan dengan Wakil Presiden Eksekutif dan Komisaris Eropa untuk Perdagangan Valdis Dombrovskis pada Kamis (24/8), kedua pihak membahas beberapa isu perdagangan Indonesia-Uni Eropa, termasuk regulasi deforestasi Uni Eropa dan perkembangan kasus sengketa di Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO).

"Kita tetap menolak regulasi lingkungan yang bersifat diskriminatif, parsial, dan menyulitkan petani kecil Indonesia. Harus dilakukan pendekatan yang lebih kolaboratif dan mengakomodir masukan negara mitra," kata Mendag.

Baca juga: Mendag: Ekspor Indonesia ke Arab Saudi harus tanpa negara penghubung

Merujuk sengketa dagang di WTO, Mendag menegaskan kesiapan Indonesia untuk mengamankan kepentingan nasional sesuai dengan koridor WTO.

Saat ini, terdapat empat kasus Indonesia dengan Uni Eropa di WTO, yaitu larangan ekspor nikel Indonesia, kebijakan Uni Eropa terhadap produk minyak sawit, pengenaan bea masuk imbalan (BMI) dan bea masuk anti-dumping (BMAD) oleh Uni Eropa terhadap baja Indonesia, serta pengenaan BMI oleh Uni Eropa terhadap biodiesel Indonesia.

"Indonesia akan terus memperjuangkan kebijakan domestiknya dan akses bagi produk Indonesia di negara mitranya, termasuk Uni Eropa," ujar Zulkifli.

Uni Eropa menempati urutan ketiga sebagai tujuan ekspor dan urutan keempat sebagai negara asal impor bagi Indonesia. Pada Januari-Juni 2023, total perdagangan Indonesia dan Uni Eropa tercatat sebesar 15,8 miliar dolar AS.

Pada periode ini ekspor Indonesia ke Uni Eropa tercatat sebesar 8,8 miliar dolar AS, sedangkan impor Indonesia dari Uni Eropa tercatat sebesar 6,9 miliar dolar AS.

Baca juga: Mendag Indonesia tuntut aksi nyata negara anggota G20

Sementara pada 2022, total perdagangan Indonesia dan Uni Eropa tercatat sebesar 33,1 miliar dolar AS, naik 13,9 persen dibanding tahun sebelumnya yang tercatat sebesar 29,1 miliar dolar AS.

Pada tahun tersebut, ekspor Indonesia ke Uni Eropa tercatat sebesar 21,5 miliar dolar AS. Sedangkan impor Indonesia dari Uni Eropa tercatat sebesar 11,7 miliar dolar AS.

Produk ekspor Indonesia ke Uni Eropa di antaranya minyak sawit dan fraksinya, asam lemak monokarboksilat industri, batubara, Bijih tembaga dan konsentrat, serta alas kaki dengan sol luar dari karet.

Sedangkan, impor utama Indonesia dari Uni Eropa di antaranya tabung dan pipa lainnya, obat-obatan, vaksin untuk manusia dan hewan, mesin untuk membuat pulp dari bahan selulosa berserat, serta limbah dan skrap.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023