Pemberian diskon sebesar 10 persen untuk tiket kereta jarak jauh dan jarak menengah dengan kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.....
Depok (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberikan reduksi tarif KA kepada dosen dan tenaga pendidik (tendik) Universitas Indonesia (UI) sebagai upaya mendukung mengurangi emisi karbon.

"Pemberian diskon sebesar 10 persen untuk tiket kereta jarak jauh dan jarak menengah dengan kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Pemberian reduksi tiket berlaku hingga Juli 2024, bagi sivitas akademika yang telah melakukan registrasi di mobile application Access by KAI," kata Kepala Biro Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI, Amelita Lusia di Kampus UI Depok, Jumat.

Amelita berharap para dosen dan tendik mengetahui dan memahami alur pendaftaran reduksi tiket, sehingga mampu memaksimalkan manfaat penawaran dari PT KAI.

Baca juga: KAI layani 205 ribu penumpang WNA sepanjang 2023

Selain itu, reduksi yang ditawarkan semakin mendorong para dosen dan tendik untuk menggunakan moda transportasi kereta api saat bepergian. Mayoritas dosen dan tendik UI adalah pengguna kereta api, baik untuk mobilitas pribadi ataupun rombongan.

Dengan demikian, program ini akan mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi jumlah emisi karbon di tengah kondisi polusi udara yang semakin memburuk. Ditambah lagi, kereta api merupakan transportasi yang paling rendah emisi.

Tidak ada batasan jumlah penggunaan reduksi tiket selama kerja sama antara UI dan PT KAI masih berlaku. Diskon tarif ini tidak berlaku untuk kereta api perkotaan/komuter, tarif khusus, tarif promosi, serta kereta luxury, imperial, priority atau kereta api wisata lainnya.

"Diskon tarif hanya berlaku bagi dosen dan tendik, namun tidak berlaku bagi keluarga dosen dan tendik," jelasnya.

Direktur Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni UI, Ir. Ahmad Syafiq, M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa pemberian reduksi tarif tiket kereta merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman yang ditandatangani UI dan PT KAI pada tahun lalu.

Kolaborasi UI dan PT KAI bertujuan untuk meningkatkan pengembangan pendidikan dan pelatihan SDM, pengkajian kegiatan atau proyek pengembangan dalam perkeretaapian, penyelenggaraan kegiatan sertifikasi profesi, serta implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di lingkungan UI.

Manajer Pemasaran Angkutan Penumpang PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta, Rustono berharap kerja sama ini dapat diteruskan dan dikembangkan ke dalam bentuk kerja sama lain.

Baca juga: PT KAI operasikan CCTV Analytic cegah pelaku kriminal masuk stasiun

Sementara itu, Manager of Group Costumer and Support Service PT KAI, Ade Kurnia Ayu menyampaikan bahwa UI dipilih dalam kerja sama ini karena merupakan perguruan tinggi top di Indonesia yang dapat menjadi academica influencer.

"Saat ini, transaksi sivitas UI dalam penggunaan tarif reduksi baru mencapai 244 transaksi. Semoga jumlah ini terus meningkat, dan UI mampu mempengaruhi lingkungan untuk menggunakan kereta api sebagai pilihan moda transportasi," ujar Ade.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023