Inisiatif ini merupakan salah satu upaya kami untuk mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) serta Yayasan WINGS Peduli meresmikan RSUI WINGS Garden yang merupakan lahan hijau yang mudah diakses masyarakat dan komunitas sekitar di wilayah Depok, untuk mempromosikan hidup sehat dekat dengan alam.

"RSUI WINGS Garden diharapkan dapat membantu mempercepat kesembuhan pasien yang menginap di RSUI, sekaligus memberikan ketenangan kepada tenaga medis yang bertugas saat melayani pasien. Hal ini juga merupakan salah satu misi dari rumah sakit kami, yaitu memberikan pelayanan kesehatan paripurna," kata Direktur Utama RSUI Dr dr Astuti Giantini Sp PK(K) di sela-sela acara peresmian RSUI WINGS Garden di Depok, Sabtu.

Ia menjelaskan, integrasi kegiatan di rumah sakit dengan RSUI WINGS Garden diharapkan dapat memberikan dampak langsung kepada komunitas terkait.

RSUI WINGS Garden memiliki berbagai fasilitas penunjang kesehatan mental dan fisik, mulai dari bebatuan, aliran air, tanaman, aquarium, amphitheater, hingga batu alam berpola untuk area terapi.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga RSUI Listya Tresnanti Mirtha menjelaskan, bergerak sambil menikmati alam, salah satunya dengan berolahraga, memberikan banyak manfaat untuk kesehatan mental dan sosial.

Beberapa di antaranya dapat mengurangi stres, menajamkan konsentrasi, mengurangi gejala depresi dan kecemasan, hingga memperbaiki mood. Hal ini disebabkan elemen alam dapat menenangkan pikiran, seperti gemercik air, kicauan burung, hingga angin berdesir.

Begitu juga dengan pengalaman sensorik dari aroma segar tanaman, sentuhan tanah dan daun, hingga paparan cahaya Matahari.

Dokter Listya menyarankan dedikasikan waktu setiap minggu untuk menghabiskan waktu di taman sambil melakukan olahraga ringan atau aktivitas menyenangkan, dan interaksi sosial lainnya.

Seperti berjalan atau berlari kecil tanpa gadget, bersepeda, yoga atau meditasi, hingga melakukan fotografi sambil menikmati taman.

Dengan suasana yang memenyegarkan dan pemandangan indah, olahraga terasa lebih menyenangkan dan memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan hanya di dalam ruangan.

Saat meresmikan, Yayasan WINGS Peduli menggelar “Festival Sehat RSUI WINGS Garden” yang terdiri atas rangkaian sport activities, talkshow inspiratif, hingga pengobatan dan konsultasi kesehatan dengan dokter umum secara gratis yang diikuti oleh ratusan masyarakat.

Kegiatan “Festival Sehat RSUI WINGS Garden” ini merupakan komitmen #WINGSPeduliKesehatan untuk mempromosikan gaya hidup sehat, salah satunya dekat
dengan alam, untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental masyarakat.

Sebuah scientific report berjudul “Spending at least 120 minutes a week in nature is associated with good health and wellbeing” (Nature.com, 2019) menegaskan bahwa dua jam selama satu minggu, merupakan durasi ideal menghabiskan waktu di alam untuk kesehatan fisik dan mental. Alam yang dimaksud adalah taman, hutan, bukit, atau sungai.

RSUI WINGS Garden dibangun untuk menjadi salah satu alternatif bagi komunitas sekitar UI dan RSUI untuk menikmati elemen alam dengan mudah.

Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS Peduli menuturkan RSUI WINGS Garden diharapkan dapat menjadi alternatif tujuan bagi tenaga kesehatan, pasien, dan keluarga yang menjenguk, mahasiswa UI, hingga masyarakat di sekitarnya, untuk menghabiskan waktu saat mereka membutuhkan ruang terbuka hijau.

"Inisiatif ini merupakan salah satu upaya kami untuk mempromosikan gaya hidup sehat kepada masyarakat, dengan berkolaborasi bersama mitra yang memiliki kesamaan misi di bidang kesehatan yakni RSUI," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024