Depok (ANTARA) - Klinik Satelit Universitas Indonesia (UI) Makara memperoleh akreditasi “Paripurna” dalam hal layanan kesehatan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) berdasarkan Sertifikat Akreditasi Nomor YM.02.01/D/3233/2024 yang dikeluarkan pada 11 Januari 2024.

Kepala Klinik Satelit UI Makara, Dr. dr. Dhanasari Vidiawati di Kampus UI Depok, Rabu mengatakan proses akreditasi klinik adalah suatu kegiatan dalam rangka pertanggungjawaban klinik kepada pengguna jasa dan masyarakat dengan pembuktian untuk selalu berusaha menjaga kualitas pelayanan dan menjunjung keselamatan pasien.

Akreditasi klinik merupakan pengakuan terhadap mutu pelayanan setelah dilakukan penilaian bahwa klinik telah memenuhi standar akreditasi dan “Paripurna” merupakan predikat dengan hasil penilaian tertinggi.

Akreditasi yang telah didapatkan oleh Klinik Satelit UI Makara ini berlaku dari 28 Desember 2023 sampai dengan 28 Desember 2028.


Dengan hasil terakreditasi paripurna ini menunjukkan bahwa Klinik Satelit UI Makara selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi pasien dan warga UI.

Lebih lanjut ia menyampaikan Klinik Satelit UI Makara telah membentuk panitia pokja akreditasi dan juga membuat buku saku tentang akreditasi klinik.

Hal ini dilakukan agar wawasan dan pemahaman mutu layanan dipahami oleh seluruh pegawai klinik. Selain itu, selama satu tahun terakhir kami membuat Hari Akreditasi yang dilaksanakan setiap hari Selasa, kami khususkan dua jam untuk memenuhi instrumen-instrumen akreditasi sambil terus memberikan pelayanan kesehatan.

Baca juga: UI paparkan hasil penelitian bahaya logam timbal pada anak-anak   

Proses penilaian akreditasi berlangsung selama dua hari, yaitu pada 27-28 Desember 2023 oleh Leli Mauli Mauli Rohmah, S.Tr.Keb dan dr. Andriani, Sp.FM dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (LAFKESPRI).

Fokus pada hari pertama adalah telusur dokumen secara daring, kemudian dilanjutkan hari kedua adalah visitasi dan simulasi.

Penelusuran dokumen terbagi ke dalam tiga instrumen kelompok besar, yaitu instrumen kelompok Tata Kelola Klinik, instrumen kelompok Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien, dan instrumen kelompok Penyelenggaraan Kesehatan Perorangan.

Visitasi dan simulasi dilakukan demi kesesuaian antara dokumen dengan kondisi nyata di lapangan. Hal ini untuk memastikan bahwa seluruh prosedur dan dokumen yang terkait dengan pelayanan kesehatan telah memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan.

Dikatakannya proses penilaian memang terlihat ‘hanya’ dua hari, namun Klinik Satelit UI Makara, terutama tim akreditasi telah menyiapkan sejak Februari 2023. Seluruh prosedur dilaksanakan dan seluruh pelaksanaan prosedur dicatat, sehingga proses akreditasi Alhamdulillah sangat lancar.

"Semoga dengan hasil yang terbaik ini, teman-teman pegawai Klinik Satelit Makara bertambah semangat berkarya untuk menjaga kesehatan warga UI dan juga warga UI semakin percaya kepada Klinik Satelit UI Makara," kata dr. Dhana.

Baca juga: KY, Bawaslu dan UI awasi persidangan pemilu dan pilkada

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024