Saya melihat harapan, optimisme dan masa depan yang cerah bagi negara-negara di ASEAN
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco mengatakan bahwa negara-negara ASEAN lebih siap menghadapi ancaman krisis pangan dan energi dibanding negara lain.
 
Hal itu disampaikan Sufmi saat menerima kunjungan Delegasi Pemimpin Mahasiswa Malaysia di Gedung Abdul Muis, Senayan, Jakarta pada Jumat.
 
"Ada fenomena yang patut disyukuri dari ASEAN di tengah adanya ancaman krisis pangan dan energi, bahwa di saat banyak negara yang tidak mampu dan tidak siap menghadapi ancaman krisis tersebut. Negara-negara ASEAN tidak hanya relatif lebih siap menghadapi ancaman krisis," kata Sufmi dalam keterangan resminya.
 
Lebih lanjut, Sufmi mengatakan bahwa ASEAN, khususnya Indonesia-Malaysia, dapat mengambil peran strategis untuk memperkuat ketahanan pangan dunia dengan menjadi lumbung pangan global dan pusat pengembangan energi alternatif serta ekonomi yang berkelanjutan.
 
"Saya melihat harapan, optimisme dan masa depan yang cerah bagi negara-negara di ASEAN,” katanya.
 
Lebih lanjut, Dasco mengaku senang bisa bertatap-muka dan bertukar pikiran dengan perwakilan mahasiswa Malaysia.

Baca juga: ASEAN bahas ancaman krisis pangan

Baca juga: Indonesia prakarsai deklarasi negara ASEAN hadapi krisis pangan
 
“Ini untuk menambah wawasan kebangsaan, mempererat tali silaturahim, dan rasa persaudaraan kita sebagai negara serumpun antara Indonesia dan Malaysia,” ujarnya.
 
Dia juga mengaku bangga dan terhormat dapat menerima kunjungan para mahasiswa yang akan menjadi calon pemimpin Negeri Jiran pada masa depan.
 
“Silahkan optimalkan forum diskusi atau dialog pada hari ini semaksimal mungkin,” ungkapnya.
 
Dasco juga mengajak para mahasiswa mengunjungi ruang rapat paripurna, ruang rapat komisi, museum, perpustakaan, dan fasilitas lain di Gedung DPR RI.
 
“Bila waktunya masih ada dan memungkinkan, setelah dialog selesai, saya minta kepada staf dari Kesekjenan DPR RI untuk memandu berkeliling komplek parlemen Indonesia,” ujarnya.
 
Dia berpesan, sebagai penerus estafet kepemimpinan di Negeri Jiran, mahasiswa diharapkan terus belajar kapan pun dan di mana pun.
 
“Semoga kegiatan kunjungan pada hari ini memberikan kesan positif, menambah wawasan dan memperkuat tali persaudaraan kita,” katanya.
 
Dasco juga mengajak para mahasiswa terus memperkuat semangat kebersamaan dan kolaborasi untuk mewujudkan visi bersama dalam mencapai masa depan yang lebih baik.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023