Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-23 Shin Tae-yong bersyukur pasukannya mampu melaju ke final Piala AFF U-23 2023 meski mengalami berbagai kesulitan.

Garuda Muda mengamankan tiket ke final Piala AFF U-23 setelah menaklukkan musuh bebuyutan Thailand di semifinal dengan skor 3-1. Sebelumnya, Indonesia berhasil melaju ke semifinal dengan status tim peringkat kedua terbaik di fase grup.

"Akhirnya kita mencapai final, dan seperti yang sering kita sebutkan kesulitan kita. Banyak sekali pemain yang cedera dan beberapa di antaranya kembali ke Indonesia," kata pelatih Shin dalam konferensi pers seperti dikutip dari laman resmi PSSI.

Pelatih asal Korea Selatan itu harus kehilangan Bagas Kaffa yang mengalami cedera saat melakukan pemanasan sebelum pertandingan kontra Thailand.

Sebelum Bagas cedera, dua pemain timnas U-23 lainnya, yakni Komang Teguh dan Titan Agung, harus pulang ke tanah air karena mereka harus menjalani skors dari FIFA.

Baca juga: Indonesia melaju ke final Piala AFF U-23 setelah tundukkan Thailand

Pemain sayap Irfan Jauhari juga mengalami cedera pada pertandingan pertama fase grup melawan Malaysia.

Meski demikian, pelatih Shin menilai tim asuhannya tersebut mampu menjaga semangat dan rasa optimistis sampai akhir turnamen.

"Jadi kami hanya memiliki sedikit pemain yang tersedia. Tetapi masih pemain yang bisa bermain. Dan mereka sangat bersemangat dalam antusias untuk memenangkan turnamen ini," ujarnya.

Sementara itu, Jeam Kelly Sroyer, tidak mencemaskan berbagai keterbatasan yang ada. Pemain Persik Kediri itu yakin ia dan rekan-rekannya akan tampil bagus saat menghadapi Vietnam pada partai puncak.

Kalau ditanya untuk persiapan pemain di final, kami sudah siap untuk melawan Vietnam dan kondisi kami bagus," tegas pemain Papua tersebut.

Pertandingan final Piala AFF U-23 2023 antara Indonesia melawan Vietnam akan dimainkan di Stadion Provinsi Rayong, Thailand, pada Sabtu malam.

Baca juga: Indonesia putus rekor 38 tahun tak pernah menang di kandang Thailand
Baca juga: Erick Thohir beri doa terbaik untuk Indonesia U-23 di final AFF U-23
Baca juga: Menpora yakin Indonesia bisa juara AFF U-23 2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023