Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menyampaikan duka cita yang mendalam atas berpulang-nya Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Kami sangat berduka mendapat informasi Bang Arist Merdeka Sirait telah wafat," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Komnas PA ajak bangun sistem perlindungan anak Indonesia

Nahar mengatakan, Arist Merdeka Sirait merupakan tokoh masyarakat pelindung anak sejati, yang hingga akhir hayatnya terus melakukan upaya pemenuhan hak dan memberikan perlindungan anak, khususnya bagi anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

Menurut Nahar, perjalanan hidup Arist Merdeka Sirait telah banyak menginspirasi lahirnya pelindung-pelindung anak di Indonesia.

Baca juga: Komnas PA: Industri AMDK wajib cantumkan peringatan bahaya BPA

"Perjuangan beliau telah banyak menginspirasi lahirnya pelindung-pelindung anak muda di Indonesia dan semoga amal kebaikannya diterima Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin," kata Nahar.

Arist Merdeka Sirait mengembuskan nafas terakhirnya pada usia 63 tahun di RS Polri Said Sukanto, Jakarta, pada Sabtu pagi pukul 09.00 WIB.

Baca juga: Komnas PA tegur keras orang tua ABH terkait kasus pemerkosaan di Jakut
Baca juga: Komnas PA desak pemda siapkan keluarga alternatif untuk yatim piatu

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023