Karanganyar (ANTARA) - TNI Angkatan Udara (AU) menambah kekuatan 500 prajurit lulusan Sekolah Pertama Tamtama Prajurit Karier (Semata PK) TNI AU Angkatan ke-85 Tahun 2023 setelah pelantikan di Lapangan Dirgantara Lanud Adi Soemarmo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu.

Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Kodiklatau) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi, saat memimpin pelantikan, mengatakan bahwa pendidikan Semata PK TNI AU bertujuan untuk membentuk prajurit TNI AU untuk memiliki sikap mental dan kepribadian, kemampuan, keterampilan, serta kesamaptaan jasmani dan karakter, sesuai dengan peran dan golongan atau strata kepangkatan yang dilandasi jiwa Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI.

"Para prajurit setelah dilantik saat ini sudah terikat dengan aturan yang ketat dan Saudara tidak dapat berbuat seenaknya yang melanggar hukum dan ketertiban serta melanggar norma-norma kehidupan dan jati diri seorang prajurit TNI," kata Tedi.

Baca juga: 449 siswa Semata PK TNI-AU ikuti Latganda 2021

Perubahan status para mantan siswa dari sipil menjadi militer atau berstatus sebagai prajurit TNI, lanjut Tedi, harus menjadikan para prajurit menjadi taat dan patuh terhadap semua peraturan yang melekat.

Setelah dilantik menjadi prajurit TNI AU dengan pangkat prajurit dua (prada), seluruh prajurit diminta selalu mengasah serta meningkatkan kemampuan diri, pengetahuan, dan keterampilan; sehingga tumbuh menjadi prajurit handal dan profesional.

Lima ratus prajurit itu menempuh pendidikan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 403 di bawah pimpinan Komandan Skadik 403 Letkol Kes Bakti Joko S.

Baca juga: TNI AU aktifkan skadron pendidikan pesawat nirawak di Tasikmalaya

Terpilih sebagai siswa terbaik pada angkatan tersebut ialah Prada Hironimus Ronaldo Milo Djawa dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Selanjutnya, para prajurit akan mengikuti pendidikan kejuruan sesuai korps masing-masing, di antaranya Korps Teknik, Elektronika, Pembekalan, Pomau, Administrasi, Khusus, dan Kesehatan.

Upacara pelantikan tersebut juga dihadiri para pejabat Mabes AU, Kodiklatau, Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan, komandan Depohar 50, pejabat Lanud Adi Soemarmo, pejabat Depohar 50, pejabat TNI-Polri Surakarta, kepala SMA Pradita Dirgantara, serta ketua PPAU Cabang 05 Surakarta.

Usai upacara pelantikan, para prajurit menampilkan demonstrasi ketangkasan, seperti senam senjata, bela diri militer, dan yel-yel.

Baca juga: Aksi “fly pass” pesawat TNI-Polri meriahkan Upacara HUT RI

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023