Tasikmalaya (ANTARA) - Alumni Taruna Akabri tahun 1989 (Altar’89) menggelar kegiatan bakti sosial menyalurkan bantuan pangan dan pelayanan kesehatan dengan menerjunkan tim medis bagi masyarakat di lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu.

Ketua Altar’89 Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah mengatakan, kegiatan sosial tersebut rutin dilaksanakan di sejumlah daerah, termasuk tahun ini digelar di beberapa daerah di Indonesia yang dipusatkan di Dadaha, Kota Tasikmalaya.

"Kegiatan sosial ini merupakan komitmen Alumni Taruna AKABRI 1989 untuk terus memberikan pengabdian tiada henti yang terbaik kepada masyarakat. Saat ini, sudah 34 tahun pengabdian kami sejak lulus AKABRI pada tahun 1989," kata Nur Alamsyah.

Baca juga: Masyarakat Palue NTT apresiasi dukungan Polri lewat bakti kesehatan

Ia menuturkan, keluarga besar Altar’89 selalu menggelar kegiatan sosial untuk berbagi kebahagiaan dengan memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dalam kegiatan itu, Nur Alamsyah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus yakin dan mencintai Tanah Air yang merupakan karunia Tuhan dengan harapan Indonesia terus menjadi negara yang maju, kuat, dan sejahtera.

"Kami mengajak kepada saudara-saudara sebangsa dan setanah air untuk terus yakin dan mencintai Tanah Air ini, yang merupakan karunia dari Allah, Tuhan Yang Maha Esa, dengan harapan semoga Indonesia terus menjadi negara yang maju, kuat, dan sejahtera," katanya.

Baca juga: Kapolri lakukan bakti sosial kesehatan bagi warga Pulau Palue NTT

Kegiatan tersebut cukup istimewa karena dihadiri oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo, juga dihadiri perwira tinggi dari jajaran TNI AD, AU, AL, maupun kepolisian.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menyampaikan apresiasi kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh Altar'89 yang digelar di berbagai daerah di Indonesia, dan dipusatkan di Kota Tasikmalaya dalam rangka memberikan manfaat kepada masyarakat.

Baca juga: Polwan angkut 4 kuintal sampah dari Sungai Ciliwung

Ia menyebutkan kegiatan sosial tersebut sering banyak diminta oleh masyarakat, salah satunya pelayanan kesehatan gratis seperti operasi mata katarak.

"Harus bermanfaat kepada masyarakat, kesehatan masyarakat, hari ini sudah dibuktikan untuk membantu kesejahteraan masyarakat," katanya.

Baca juga: Koopsud III sediakan layanan pengobatan gratis warga Swapodibo Biak

Kapolri juga mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Altar'89 tersebut yang selama ini rutin dilaksanakan untuk membantu masyarakat.

Ia menyampaikan kegiatan tersebut bagian dari mendukung program dan kebijakan Presiden Republik Indonesia untuk terus mendorong meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi masyarakat yang didorong oleh TNI dan Polri.

Baca juga: TNI AL Kendari bakti sosial donor darah dan KB bagi warga pesisir

"Ini bentuk solidaritas yang terus kita jaga, dan tingkatkan," katanya.

Kegiatan tersebut mengangkat tema "Pengabdian TNI dan Polri Tiada Henti Untuk Indonesia Maju, di wilayah Tasikmalaya Jawa Barat" yang menyentuh langsung masyarakat melalui kegiatan kemanusiaan, sekaligus juga menanamkan jiwa nasionalisme serta cinta Tanah Air kepada masyarakat, khususnya di wilayah Tasikmalaya.

Baca juga: Polri gelar bakti kesehatan hingga pelatihan bantuan hidup dasar

Sejumlah kegiatan kemanusiaan di antaranya bantuan kesehatan gratis bagi masyarakat seperti operasi bibir sumbing, operasi katarak, sunatan massal, pelayanan pengobatan, kesehatan umum, penanganan stunting, pelayanan vaksinasi COVID-19, fisioterapi, perawatan gigi, dan pemberian bantuan paket sembako.

Dilaporkan Alumni AKABRI 1989 telah menempati sejumlah jabatan penting dan strategis di jajaran TNI maupun Polri dan Pemerintahan RI di antaranya Laksamana TNI Muhammad Ali yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Wakil Kepala Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Irwasum Polri Komjen Pol Ahmad Dofiri, Kabaintelkam Komjen Pol Suntana, Panglima Kogabwilhan 2 Marsdya TNI Andyawan Martono Putro, Komandan Kodiklat TNI Letjen TNI Eko Margiono, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala Bais TNI Letjen TNI Rudianto, dan Danpusterad Letjen TNI Teguh Muji Angkasa. ***3***

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023