Jakarta (ANTARA) - Sebanyak empat kuintal atau 150 karung sampah berhasil diangkut dalam kegiatan susur Ciliwung yang melibatkan 125 personel polisi wanita (Polwan) di Sungai Ciliwung dalam rangka memperingati HUT ke-75 Polwan RI.

Lokasi Susur Ciliwung difokuskan di Jembatan Kali Ciliwung, Kalibatan, Cilitan, Jakarta Timur. Dengan menggunakan delapan perahu karet, para Polwan RI melakukan aksi sosial di bantaran Ciliwung.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan sosial dalam rangka hari jadi ke-75 Polisi Wanita Republik Indonesia, semoga kehadiran Polwan dapat dirasakan kebermanfaatannya dan juga oleh masyarakat sekitar bantaran Kali Ciliwung. Kegiatan kami di tahun ini tepat di 75 tahun pengabdian Polwan untuk negeri,” kata Pakor Polwan RI Brigjen Desy Andriani dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Desy menjelaskan, kegiatan sosial ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Polwan untuk masyarakat, dengan harapan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Menurut dia, kegiatan pengabdian Polwan tidak hanya di bidang lingkungan, tapi juga di bidang kesehatan yang dilaksanakan di lembaga pembinaan khusus anak dan lapas perempuan.

“Jadi ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan kita di tahun 2023 ini, semoga kehadiran Polwan dapat dirasakan oleh masyarakat luas," ujarnya.

Sementara itu, Ketua seksi bakti sosial Polwan RI AKBP Ganis mengatakan ada sekitar 125 personel yang terlibat dalam acara bakti sosial sisir sampah Kali Ciliwung tersebut. Di antaranya petugas PPSU, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup hingga pemerhati lingkungan hidup.

Ganis menyebut, kegiatan susur Ciliwung yang dilaksanakan Selasa (15/8), juga dibarengi dengan kegiatan bakti sosial pembagian paket sembako bagi masyarakat bantaran sungai.

“Kegiatan susur sungai yang dilakukan dengan kegiatan bakti sosial untuk pemberian sembako,” katanya.

Dia mengatakan ada sekitar 100 paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat di sekitar Kali Ciliwung. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban ekonomi masyarakat yang membutuhkan.

“Kami melakukan kegiatan pembersihan dan dilanjutkan dengan pembagian sembako kepada masyarakat sekitar," kata Ganis.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup, DKI-PLN kumpulkan 640 kg sampah dari Ciliwung

Baca juga: Pemprov DKI pastikan proyek saringan sampah di Kali Ciliwung berlanjut


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023