Karena kebersihan sungai ini adalah kebersihan untuk semua masyarakat
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengajak masyarakat Ibu Kota untuk menjaga kebersihan Sungai Ciliwung agar bersih dan menjadi destinasi wisata.
 
Wakil Wali Kota Jakarta Timur Iin Mutmainah mengatakan hal itu pada Kamis saat menghadiri kegiatan susur dan bersih-bersih Sungai Ciliwung bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penyusuran dilakukan dari Kalibata (Jakarta Selatan) hingga MT Haryono, Cawang (Jakarta Timur). Kegiatan ini dalam rangka Hari Sungai Nasional yang mengangkat tema "Sungai Bersih untuk Kehidupan dan Alam".

Iin mengatakan, Sungai Ciliwung memiliki potensi sebagai destinasi wisata sehingga perlu dijaga kebersihannya.
 
"Kita mengimbau kepada masyarakat terus menggerakkan kesadaran perilaku bersih dan sehat, khususnya jangan membuang sampah di sungai, karena kita berharap sungai ini menjadi sungai yang bersih dan juga indah dan bisa menjadi potensi wisata," ujarnya.

Baca juga: Hari Lingkungan Hidup, DKI-PLN kumpulkan 640 kg sampah dari Ciliwung
 
Saat menelusuri Sungai Ciliwung, kata Iin, masih terdapat banyak sampah yang bisa mengakibatkan banjir di Jakarta.
 
Karena itu Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur akan membentuk satuan tugas (satgas) yang bekerjasama dengan semua pihak, termasuk komunitas dan warga untuk menjaga kebersihan Sungai Ciliwung. Terlebih sungai ini mengalir di dua wilayah, yakni Jakarta Timur (Jaktim) dan Jakarta Selatan (Jaksel).
 
"Harapannya, nanti bisa ada kerja sama yang baik dan kita akan lakukan pembentukan satgas. Kita harapkan dukungan dari RT/RW untuk peduli bersama pemerintah dan juga masyarakat serta komunitas yang juga cinta dengan sungai bersih," tuturnya.
 
Salah satu atlet dayung Indra H yang ikut dalam pembersihan Sungai Ciliwung mengajak warga agar menjadikan sungai bersih serta menjaga agar tidak menimbulkan banjir.

Baca juga: Pemprov DKI prioritas tangani enam lokasi rawan banjir di Ciliwung
 
Indra mengaku rutin mengikuti kegiatan kebersihan susur Sungai Ciliwung tiap tahunnya.
 
"Dengan adanya kegiatan ini harapannya adalah sungai menjadi bersih, layak dipakai dengan penggunaannya," katanya.

Kemudian diharapkan tidak rawan banjir, terus juga masyarakat jadi lebih perhatian dengan sungai ini. "Karena kebersihan sungai ini adalah kebersihan untuk semua masyarakat," kata Indra.
 
Hadir juga dalam kegiatan susur sungai tersebut, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohamad Zainal Fatah dan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Edi Sumantri.
 
Sejumlah relawan juga ikut menelusuri sekaligus mengambil sampah di Sungai Ciliwung dari sisi Kalibata hingga MT Haryono.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023