Jakarta (ANTARA) - Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Iin Mutmainah menginstruksikan kepada 65 lurah dan 10 camat di wilayah tersebut melakukan kerja bakti massal untuk mengantisipasi banjir saat musim hujan ini.

"Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir ketika intensitas hujan mulai tinggi," kata Iin di Kantor Wali Kota Jakarta Timur (Jaktim), Cakung, Selasa.

Terkait antisipasi banjir, Lurah Rawa Terate Kecamatan Cakung, Jainudin meninjau rumah pompa di Jalan Inspeksi Cakung Drain untuk memastikan mesin pompa berfungsi dengan baik.

Selain itu, kata Jainudin, para petugas siap bekerja 24 jam sebagai antisipasi dan solusi pengendali banjir ketika datang musim penghujan.

Dalam peninjauannya, dia melihat sejumlah kelengkapan sarana fisik yang merupakan sistem drainase, kolam retensi di sekeliling kawasan rumah pompa hingga pintu air yang dikelola secara bersamaan.

"Kami menindaklanjuti arahan pyak Wali Kota Jakarta Timur M Anwar dalam penanganan banjir di setiap wilayah. Termasuk rumah pompa, dalam pelayanan maksimal penanganan banjir dan Alhamdulillah tadi kami lihat langsung semuanya persiapan rumah pompa berfungsi baik," ujarnya.

Baca juga: BPBD DKI sebut 18 RT masih tergenang setelah hujan guyur Ibu Kota
Baca juga: BPBD DKI berikan pembekalan kepada PPSU di Jaktim terkait bencana


Jainudin menuturkan keberadaan rumah pompa tersebut berdampak baik dan dirasakan langsung oleh warga, khususnya di RT 010/RW 05 Krama Yuda.

Lokasi tersebut merupakan wilayah rawan banjir yang kerap terjadi akibat luapan air dari kali Cakung Lama.

Jika terjadi hujan deras petugas siaga, jika alami ketinggian debit air langsung dilakukan penyedotan dan dibuang ke Kali Cakung Drain. "Rumah pompa ini memiliki dua mesin penyedot dengan kapasitas 300 liter per detik dan 1.000 liter per detik," ujarnya.

Dia berharap dengan pemeliharaan drainase atau saluran penghubung di wilayahnya itu dapat mengalirkan secara normal. Setiap hari, petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kerap melakukan penyisiran seluruh saluran lingkungan di lingkungan warga.

"Kami harapkan juga kesadaran seluruh warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga saat datangnya musim penghujan tidak alami penyumbatan hingga terjadinya luapan," kata Jainudin.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023