Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas inovasi dan kerja keras Nipah Park dalam menciptakan bangunan yang efisien secara energi dan sesuai dengan lingkungan tropis
Makassar (ANTARA) - Nipah Park Makassar sebagai salah satu properti yang dikelola PT Kalla Inti Karsa meraih penghargaan bergengsi sebagai pemenang Energy Efficient Building, kategori Tropical Building (ASEAN Energy Efficiency and Conservation Best Practices Awards) pada ASEAN Energy Awards 2023.

Chief Executive Officer KALLA Land & Property Ricky Theodores menerima penghargaan ini secara langsung pada Awarding Ceremony and Gala Dinner of ASEAN Energy Awards 2023 di Nusa Dua, Bali, Jumat malam (25/08).

“Tentunya kami bersyukur dan sangat bangga bisa mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Energy Award, apalagi pada saat dinobatkan sebagai winner dalam kategori Best Practice Energy Efficient Building," ujar Ricky melalui keterangannya di Makassar, Sabtu.

Nipah Park berhasil menunjukkan dedikasi dan komitmen kuat dalam menerapkan praktik efisiensi energi yang luar biasa, menjadikannya layak sebagai pemenang dalam kategori ini.

Baca juga: ASEAN lirik potensi mineral kritis untuk jaga ketahanan energi

Penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas inovasi dan kerja keras Nipah Park dalam menciptakan bangunan yang efisien secara energi dan sesuai dengan lingkungan tropis.

"Bagi kami, berbagai penghargaan yang diterima ini merupakan pengakuan terhadap upaya yang telah kami lakukan dalam mendukung program pemerintah menuju Zero Emission,” tambah Ricky.

ASEAN Energy Awards 2023 merupakan salah satu rangkaian dari ASEAN Energy Business Forum (AEBF) yang digelar di Nusa Dua, Bali pada 4 - 26 Agustus 2023.

Forum yang dipelopori oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama dengan ASEAN Centre for Energy (ACE) ini diselenggarakan bersamaan dengan ASEAN Ministers of Energy Meeting (Pertemuan Menteri Energi ASEAN ke-41).

Forum ini mempertemukan para menteri energi, pemerintah, perwakilan dari industri, pimpinan organisasi internasional, sektor swasta, serta akademisi untuk membahas isu-isu energi dan lingkungan serta diharapkan dapat menjadi katalisator di sektor energi.

ASEAN Energy Awards bertujuan meningkatkan kesadaran dan partisipasi sektor swasta yang lebih besar.

Baca juga: SAYEF sampaikan hasil diskusi ke menteri energi se-Asia Tenggara
Baca juga: PLN Batam manfaatkan energi baru terbarukan terapkan sistem PV Rooftop


Acara tahunan yang diselenggarakan oleh ASEAN Centre for Energy (ACE) bekerja sama dengan ASEAN Specialised Energy Bodies (SEBs) ini merupakan penghargaan tertinggi di Asia Tenggara atas keunggulan, kreativitas, kepraktisan, dan dedikasi terhadap bidang energi.

Kompetisi ASEAN Energy Awards 2023 kali ini diikuti oleh 14 gedung komersial terbaik dari berbagai negara di kawasan ASEAN.

Keberhasilan Nipah Park dalam bersaing dan keluar sebagai juara adalah bukti konkret akan kompetensi dan inovasi yang dimiliki oleh KALLA Land & Property dalam mengembangkan properti komersial atau pusat perbelanjaan yang tidak hanya modern, tetapi juga peduli terhadap konservasi energi serta lingkungan hidup.

Nipah Park terus berkomitmen melakukan upaya-upaya dalam penghematan energi dengan berkolaborasi dan bekerja sama dengan seluruh gerai. Di antara upaya tersebut adalah penghematan listrik dengan implementasi desain bangunan tropical, penghematan penggunaan air dengan daur ulang air hujan, kemudian dalam waktu dekat kami akan memulai project pemasangan solar cell.

"Nipah Park tak hanya hadir sebagai pusat perbelanjaan, tetapi juga simbol komitmen untuk menciptakan lingkungan yang berkelanjutan dan efisien secara energi," ujar dia.

Ricky menyebut dalam proses perencanaan, pembangunan, pengoperasian, dan perawatan selalu mengutamakan penghematan sumber daya alam seminimal mungkin dengan bangunan konsep terbuka, sehingga konsumsi energi lebih sedikit.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung program-program Nipah Park dan Insha Allah kami akan terus berupaya mendukung program pemerintah untuk menuju Zero Emission pada tahun 2030,” kata Ricky.

Baca juga: Sufmi Dasco: Negara ASEAN lebih siap hadapi krisis pangan dan energi

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023