Beijing (ANTARA) - Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) China meluncurkan sebuah rencana aksi untuk menyempurnakan infrastruktur lingkungan secara komprehensif di negara itu.

Rencana aksi yang mencakup tahun 2023 hingga 2025 itu menetapkan enam tugas utama dalam hal pembangunan infrastruktur, termasuk pengumpulan dan pengolahan limbah rumah tangga dan pemanfaatan sumber daya, klasifikasi dan pengolahan sampah rumah tangga, serta pengolahan dan pembuangan limbah padat.

Per tahun 2025, China menargetkan untuk meningkatkan kapasitas pengolahan limbah harian sebesar 12 juta meter kubik, memperluas dan merenovasi jaringan pengumpulan limbah yang membentang sepanjang 45.000 kilometer, serta meningkatkan kapasitas pemilahan dan pengumpulan sampah rumah tangga menjadi 700.000 ton per hari.

Dipaparkan pula bahwa semua limbah medis di area bangunan di kota-kota yang levelnya di atas tingkat wilayah (county) pada saat itu harus sudah dibuang dengan cara yang tidak menimbulkan bahaya.

Rencana aksi tersebut dikeluarkan bersama oleh beberapa lembaga pemerintah, termasuk NDRC, Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China, serta Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan China.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023