Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memperkenalkan Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk Asian Para Games 2023 Angela Tanoesoedibjo kepada para atlet pelatnas NPC Indonesia (NPCI) pada Sabtu (26/8).

Pada Jumat (25/8), Angela baru saja mendapat tanggung jawab menjadi CdM kontingen Indonesia untuk Asian Para Games.

"Saya baru mendengar mendapat tugas sebagai CdM Asian Para Games 2023 pada pekan lalu. Awalnya sedikit tidak percaya karena bagi saya tugas ini sangat luar biasa," kata Angela seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

"Biasanya saya memimpin delegasi pariwisata dan ekonomi kreatif tapi kali ini saya membawa kontingen Asian Para Games Indonesia. Jadi begitu saya tahu ditunjuk sebagai CdM dan saya konfirmasi langsung ke Mas Menpora, maka saya langsung belajar sebanyak mungkin tentang olahraga disabilitas," tambah sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

Sementara itu, Menpora Dito yakin bahwa Angela Tanoesoedibjo merupakan orang yang tepat untuk memimpin kontingen Indonesia pada Asian Para Games mendatang.

"Penunjukan Ibu Angela Tanoesoedibjo sebagai CdM berdasarkan hasil diskusi dengan Bapak Presiden Joko Widodo. Angela merupakan sosok anak muda yang berada di pemerintahan dan peduli dengan olahraga. Saya rasa dengan energi yang sangat besar ini bisa membawa kontingen Indonesia sukses di Asian Para Games nanti," ucap Menpora Dito.

"Saya rasa pemilihan Angela merupakan simbol bahwa olahraga dan pariwisata sangat erat hubungannya. Kedepannya sport tourism di Indonesia akan digenjot," imbuh menteri termuda di kabinet Presiden Joko Widodo itu.

Baca juga: Menpora Dito tunjuk Angela Tanoe menjadi CDM Asian Para Games 2023

Pihak NPCI pun menyambut baik penunjukan Angela tersebut.

"Kami berharap Ibu CdM bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi pelatnas dan memberi semangat kepada kami yang saat ini terus berlatih keras untuk meraih prestasi tinggi," tutur Sekretaris Jenderal NPC Indonesia Ukun Rukaendi.

NPCI saat ini sedang menggelar pelatnas untuk Asian Para Games 2023 yang diikuti oleh 134 atlet.

Indonesia nantinya berlaga di 12 cabang olahraga yakni para-atletik, para-bulu tangkis, para-tenis meja, para-renang, para-angkat berat, para-balap sepeda, para-menembak, para-panahan, para-catur, boccia, blind judo, dan lawn bowls.

Dengan mempertimbangkan hasil Asian Para Games 2018 di Jakarta, ketika Indonesia menduduki peringkat kelima klasemen perolehan medali, maka kontingen Merah-Putih ditargetkan menempati posisi sepuluh besar pada klasemen akhir Asian Para Games 2023.

Baca juga: Desain medali Asian Para Games Hangzhou diresmikan
Baca juga: ACC inisiasi gelar qualifer sebelum Asian Para Games Hangzhou

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023