Bantul (ANTARA) - Bupati Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Abdul Halim Muslih mengatakan, event Internasional Kitesurfing Exhibition 2023 yang digelar di Laguna View Pantai Depok, Kabupaten Bantul pada 26 dan 27 Agustus salah satunya untuk mengangkat sektor pariwisata daerah ini.

Abdul Halim Muslih di Bantul, Minggu, mengatakan, Bantul sudah sekian kali dipilih untuk menjadi lokasi kegiatan internasional, hal ini tentu bisa mengangkat nama Bantul untuk dikenal dan dijadikan sebagai tujuan pariwisata di DIY maupun Indonesia.

"Bantul tidak hanya sebagai kota kreatif dalam sektor kriya, tetapi juga sebagai produsen event-event pariwisata yang layak untuk dikunjungi," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah daerah harus terus menerus memperbaiki fasilitas pariwisata, agar bisa dikenalkan dengan paradigma baru yaitu pariwisata berkualitas atau yang disebut dengan quality tourism.

Bupati Bantul juga mengatakan, pemkab juga mengapresiasi kepada panitia kitesurfing atas kerjasamanya dalam membangun dan mengembangkan pariwisata Kabupaten Bantul maupun DIY.

"Teruslah menggunakan pantai untuk mengembangkan pariwisata DIY, dan Laguna ini akan kita kembangkan menjadi salah satu objek penting yang nantinya akan dibuat dermaga baik untuk kepentingan keamanan laut maupun meningkatkan eksplorasi bidang wisata," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY Robby Kusumaharta dalam sambutannya mengatakan, bahwa event pariwisata ini sangat penting bagi organisasi pengusaha itu, serta dapat mendorong bangkitnya ekonomi.

Selain itu, kata dia, dalam program kepariwisataan, diharapkan dapat mendorong wisatawan mancanegara datang ke DIY.

Ketua Jogja Kitesurfing Club Indonesia Arif Efendi meyakini bahwa 'sport tourism' ini akan mendatangkan wisatawan asing untuk mencobanya, dan dampak dari kegiatan ini tentunya dapat membangkitkan kegiatan ekonomi pada sektor lain di wilayah ini.

"Pengalaman kitesurfing sebelumnya para pemain yang telah mencoba di tempat ini bahwa kawasan Laguna Depok pantai selatan layak dijadikan tempat permainan, cocok untuk pemula maupun profesional, ini sangat memungkinkan tumbuhnya bibit-bibit atlet olahraga prestasi di masa akan datang," katanya.

Baca juga: Menata ulang kawasan wisata Pantai Depok yang aman dari hempasan ombak
Baca juga: Bantul catat kunjungan wisata 255.758 orang selama libur Lebaran 2023
Baca juga: Bantul gelar temu pelaku wisata dan pemilik objek dongkrak pariwisata

 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023