Jakarta (ANTARA) - Ratusan atlet berpartisipasi dalam Kejuaraan Antar kampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga 2023 di Desa Kaliakeh, KabupatenJembrana, Bali, yang dimulai pada Sabtu (26/8) malam.

Sebagaimana yang dilakukan di Tangerang Selatan, Jembrana memilih untuk mempertandingkan tiga cabang olahraga yaitu bola voli, atletik, dan bulu tangkis.

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna meyakini bahwa Kejuaraan Tarkam 2023 di Jembrana akan berlangsung seru dan kompetitif, karena kabupaten tersebut merupakan daerah yang akrab dengan permainan tradisional Makepung.

"Masyarakat Jembrana ini dikenal bersemangat dan gigih dalam perjuangan untuk kemenangan, karena itu pertandingan pasti akan menarik dan persaingannya pasti akan sangat ketat," kata Ngurah seperti dikutip dari pernyataan tertulis yang diterima pewarta.

Pemerhati olahraga Bali I Kade Joni Asmara Adi Putra menyatakan sangat senang dan bangga dapat melihat Jembrana mampu menggelar Kejuaraan Tarkam.

"Ada segudang manfaat yang bisa dirasakan. Ajang ini jangan hanya ditujukan untuk memassalkan olahraga, tetapi juga upaya mengembangkan kesadaran masyarakat dalam meningkatkan kesehatan, kebugaran, kegembiraan, dan hubungan sosial," tuturnya.

Baca juga: Menpora Dito nilai Kejuaraan Tarkam munculkan atlet muda potensial

Kejuaraan Tarkam 2023 di Jembrana dibuka oleh perwakilan Kemenpora, yakni Staf Ahli Bidang Hukum Samsudin. Menurutnya, partisipasi tinggi dari masyarakat menunjukkan terdapat masa depan cerah untuk olahraga Indonesia.

Apalagi Peraturan Presiden tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah ada sehingga ajang tersebut bisa menjadi langkah pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan pembinaan berjenjang dan berkelanjutan. Dengan begitu, peningkatan prestasi olahraga Indonesia bisa dicapai.

"Bapak Presiden Jokowi melalui Menpora Dito berharap agar Kejuaraan Tarkam ini menjadi ajang untuk merekatkan masyarakat sehingga lebih guyub melalui kegiatan olahraga serta pula sebagai sarana menjaring potensi-potensi olahraga daerah," pungkas Samsudin.

Baca juga: Menpora perkenalkan CdM Asian Para Games Angela kepada para atlet NPC

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023