Jayapura (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura,  Provinsi Papua  mengatakan, pada triwulan ketiga 2023 pendapatan retribusi pasar dari kendaraan yang masuk di areal parkir Pasar Phara Sentani  mencapai Rp500 juta. 

Kepala Dishub Jayapura Alfons Awoitauw kepada ANTARA di Sentani, Senin, mengatakan target Pendapatan Asli Daerah (PAD)  yang ditetapkan pemerintah dalam setahun yakni Rp800 juta.

"Masuk triwulan ketiga pada Agustus 2023 kami sudah mencapai target PAD yang ditetapkan yakni mencapai Rp500 juta," katanya.

Menurut Alfons, untuk penarikan retribusi di Pasar Phara Sentani berlaku bagi kendaraan roda dua maupun roda empat yang masuk ke areal pasar.

"Kami optimis bahwa hingga akhir tahun nanti akan mencapai target PAD yang ditetapkan, karena pada triwulan ketiga di Agustus saja sudah tercapai," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) belum mencapai target dari yang ditetapkan Rp 700 juta, yang saat ini terealisasi baru Rp200 juta.

"Untuk pengujian PKB belum dilaksanakan karena adanya kondisi inflasi daerah dan kurangnya operasional kendaraan umum " katanya lagi.

Dia menambahkan untuk mengantisipasi hal tersebut maka akan dilakukan operasi terpadu dan pelaksanaan uji kendaraan bermotor (kir) di tempat.

"Dengan melakukan kir ditempat dapat mengukur kelayakan kendaraan umum yang beroperasi," ujarnya lagi.

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023