Kota Bogor (ANTARA) - Ikatan Alumni Fakultas Pertanian (IKA Faperta) IPB University menyusun kolaborasi seluruh anggota untuk memajukan pertanian Indonesia dengan memberikan penghargaan terhadap petani berjasa dan produktif serta ruang diskusi untuk saling berbagi ilmu.

Dekan Fakultas Pertanian IPB University, Profesor Suryo Wiyono menyambut positif hadir penghargaan bagi petani oleh Faktultas Pertanian untuk memotivasi mereka lebih produktif.

“Sudah saatnya para alumni pertanian IPB yang tersebar di berbagai profesi dan tempat bisa memberikan sekaligus mengkonsolidasikan potensinya untuk kemajuan pertanian Indonesia," ujarnya.

Profesor Suryo mengatakan ibu pertiwi sudah memanggil para alumni IPB untuk memuliakan para petani Indonesia lewat kontribusi positif yang dimiliki.

"Di sinilah harapan saya semoga IKA Faperta bisa mengambil peran nyata buat kemajuan dan perbaikan pertanian Indonesia menjadi lebih baik,” kata dia.

Ketua Umum IKA Faperta IPB, Octen Suhadi mengatakan salah satu susunan aksi secara bersama-sama memajukan pertanian Indonesia adalah dengan menyelenggarakan Faperta Harvest Day dalam rangka memperingati Hari Tani Nasional di IPB International Convention Center Bogor, Minggu (24/9) mendatang.

“Melalui Faperta Harvest Day Tahun 2023 ini diharapkan IKA Faperta dapat mengkolaborasikan seluruh potensi alumni IPB untuk kemajuan Indonesia, khususnya di sektor pertanian. Inilah esensi utama dari penyelenggaraan Faperta Harvest Day ini,” kata Octen Suhadi.

Octen menilai momentum Hari Tani Nasional menjadi sangat strategis untuk mengingatkan bahwa pertanian Indonesia perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. Oleh karena itu alumni IPB bertekad memberikan kontribusi melalui kegiatan penghargaan yang diberikan.

Ketua Panitia Faperta Harvest Day 2023, Indiv Sultana Binavsi, menjelaskan kegiatan diskusi dengan tema ketahanan pangan dengan kearifan lokal melibatkan Profesor Bayu Krisnamurthi sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Bulog, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Sunarso serta tokoh nasional dalam pemberdayaan masyarakat dan pertanian, Tri Mumpuni.

Sementara Faperta Award merupakan bentuk apresiasi dan penghargaan yang ditujukan kepada alumni fakultas pertanian IPB Unibersity yang berprestasi di bidangnya.

“Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusan fakultas pertanian di tahun-tahun berikutnya,” katanya.

Baca juga: Muhadjir minta IPB cari varietas umbi untuk masyarakat Papua
Baca juga: IPB mengajak internasional bicarakan sumber energi masa depan
Baca juga: IPB resmi buka pendaftaran fakultas kedokteran

 

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023