Tapin (ANTARA) - Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Hulu Sungai, Dinas Kehutanan Kalimantan Selatan Rudiono Herlambang mengatakan, selain bertani kebanyakan masyarakat Loksado juga memanfaatkan kulit kayu manis sebagai sumber ekonomi.

"Selain dijadikan produk kulit kayu manis kering juga dibuat sirup kayu manis," tuturnya di Loksado, Senin.

Selain kayu manis, kata Rudiono, tanaman hutan seperti kemiri hingga bambu juga menjadi komoditas unggulan masyarakat yang hidup di kawasan Pegunungan Meratus itu.

"Kalau tanaman bambu itu dimanfaatkan sebagai konstruksi bangunan ringan, alat transportasi air (bambu rafting) dan juga dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan. Sedangkan buah kemiri untuk bahan masakan dan minyak kemiri," jelasnya.

Masyarakat Loksado jeli melihat peluang usaha, mereka membuat sirup dari kayu manis sebagai oleh-oleh khas wisata internasional di Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan.

"Banyak masyarakat di sini membuat sirup dari kayu manis sebagai oleh-oleh khas bagi pengunjung wisata," tuturnya.

Sementara itu, seorang pedagang di wisata Loksado Mida mengatakan sirup kayu manis kini sudah mulai dikenal wisatawan baik lokal maupun asing.

"Harganya Rp30 ribu/botol (460 ml), wisatawan ramai membeli  untuk oleh-oleh," ujar perempuan asli Loksado itu.

Dia mengatakan apabila pengunjung wisata ramai, di warungnya rata-rata habis 20 botol/hari dibeli. Kemungkinan, pada puluhan warung lainnya juga mengalami hal serupa.

"Di sini ada dua orang yang produksi sirup kayu manis, salah satunya paman saya. Punya paman sudah lolos BPOM," ujarnya.

Produk turunan tanaman kayu manis ini, terang Mida, mulai dirintis masyarakat sejak tiga tahun lalu dan kini sudah terlihat potensi ekonominya.

"Kalau penjual keluar daerah secara online masih belum, hanya di jual di Loksado," ujarnya.

Adapun khasiat yang tertulis di botol sirup kayu manis Loksado ini, yakni antioksidan, pelancar peredaran darah, menghangatkan badan, memulihkan stamina, cegah penumpukan kolesterol.

Khasiat lainnya juga untuk menambah kejantanan pria, asam urat, rematik, mencegah masuk angin, batuk dan flu.

Kecamatan Loksado ini memang terkenal sebagai salah satu daerah sentral tanaman kayu manis di Indonesia.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fauzi Fadilah
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023