BNSP merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja yang mengacu pada standar kompetensi kerja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan RI menyampaikan ada 114 peserta bakal mengikuti seleksi terbuka calon anggota Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) periode 2023-2028 seiring akan habisnya periode keanggotaan BNSP  masa bakti 2018-2023.

"Saudara-saudara adalah orang-orang terbaik terpilih yang berkesempatan untuk berkompetisi mengisi keanggotaan BNSP periode 2023-2028," ujar Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Ia berharap, peserta dapat melaksanakan seleksi ini dengan baik dan menaati ketentuan yang telah disusun oleh Sekretariat Panitia Seleksi Anggota BNSP.

Baca juga: BNSP lirik Namira Ecoprint jadi proyek percontohan UMKM

Dia mengemukakan, dari 114 peserta tersebut, sebanyak 96 peserta dari unsur masyarakat dan 18 dari unsur pemerintah.

Anwar Sanusi menyampaikan seleksi dilaksanakan secara terbuka dan kompetitif untuk peserta dari unsur pemerintah maupun unsur masyarakat dengan memperhatikan syarat kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, dan integritas.

"Termasuk persyaratan lain sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sehingga seleksi ini dapat berjalan secara profesional, transparan, adil dan objektif," paparnya.

Baca juga: BNSP sertifikasi tenaga kerja konstruksi IKN tingkatkan daya saing

Ia menambahkan, BNSP merupakan lembaga independen yang dibentuk pemerintah untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja yang mengacu pada standar kompetensi kerja nasional di Indonesia, standar Internasional, maupun standar khusus yang diakui di dunia usaha maupun dunia industri.

"Dengan adanya BNSP ini, diharapkan tenaga kerja di Indonesia dapat disertifikasi serta membantu mewujudkan tenaga kerja profesional yang memiliki keterampilan, keahlian, dan kompetensi perlu peningkatan kualitas SDM ketenagakerjaan berdaya saing dan memiliki standar global," kata Anwar selaku ketua panitia seleksi calon anggota BNSP.

Baca juga: BNSP: Pelatihan asesor untuk guru SMK agar lulusan berdaya saing
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023