Jakarta (ANTARA/JACX) – Timnas sepak bola Indonesia menjadi runner up dalam Piala AFF U-23 2023 pada Sabtu (26/8).

Pada 22 Agustus lalu, beredar sebuah unggahan video di YouTube menarasikan bahwa Shin Tae-yong Pelatih Timnas sepak bola Indonesia asal Korea Selatan tersebut mengundurkan diri.

Dalam video berdurasi tiga menit tersebut, dijelaskan Shin Tae-yong mengundurkan diri karena penampilan Timnas Indonesia kurang memuaskan di pertandingan Piala AFF U-23 2023.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“CAPEK BAWA TIMNAS LOLOS SEMIFINAL AFF!! Shin Tae Yong Muak Pilih Mengundurkan Diri Dari Timnas”

Namun, benarkah Shin Tae-yong mengundurkan diri dari pelatih timnas pada 22 Agustus?

 

Unggahan video hoaks yang menarasikan Shin Tae-yong mengundurkan diri pada 22 Agustus. Faktanya, isi video tidak sesuai dengan judul. (YouTube)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, dalam video tersebut tidak ada informasi ataupun pernyataan Shin Tae-yong mengundurkan diri dari pelatih Timnas sepak bola Indonesia. Narator hanya menyampaikan, jika dilihat dari klasmen sementara, Timnas Indonesia kemungkinan akan lolos ke semifinal piala AFF.

Ketua Badan Tim Nasional, Sumardji mengatakan dengan Indonesia menjadi runner up Piala AFF U-23 2023, pelatih Shin Tae-yong sudah luar biasa.

"Tidak berpengaruh terhadap pelatih Shin Tae-yong. Dia sudah luar biasa, " kata Sumardji. 

Beberapa hari lalu, memang desakan untuk Shin Tae-yong dicopot dari posisinya disuarakan oleh sejumlah warganet di media sosial. Selain itu, kontrak Shin Tae-yong bersama timnas akan berakhir pada Desember 2023. Hingga saat ini PSSI belum memutuskan apakah kontrak pelatih yang biasa disapa STY itu akan diperpanjang atau tidak.

Klaim: Shin Tae-yong mengundurkan diri dari pelatih timnas pada 22 Agustus

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Erick Thohir pecat pelatih Timnas U17 Bima Sakti

Cek fakta: Hoaks! Foto bus PSSI untuk Timnas U-17

Baca juga: Meski karam di partai final, Timnas Indonesia U23 beri sejuta harapan

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2023