Trek (Austin) sangat istimewa: terdapat sejumlah turunan dan tanjakan, dan zona pengereman pertama sangat teknikal."
Austin (ANTARA News) - Dua pebalap Yamaha Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, yang tampil mengesankan pada balap pembuka musim GP Qatar, akan bertekad untuk kembali finis di peringkat satu-dua pada balap MotoGP yang akan berlangsung di Sirkuit Austin, Texas, pada Minggu (21/4).

Lorenzo yang berasal dari Spanyol memenangi balap pembuka musim di trek Losail pada awal bulan ini. Lorenzo yang start dari posisi terdepan melewati garis finis, disusul oleh Rossi pada balap pertamanya untuk Yamaha sejak kembali ke tim lamanya dari Ducati.

"Qatar mengejutkan bagi kami. Awal hebat dari musim yang benar-benar kompetitif. Hanya merupakan balap pertama dari musim yang panjang," kata juara bertahan Lorenzo dikutip AFP.

Grand Prix Minggu di Amerika menandai debut sirkuit baru yang memiliki panjang 5,51 km ini. Sirkuti Austin Texas akan menjadi tantangan baru bagi para pembalap MotoGP. Karena sirkuti ini belum pernah menggelar ajang balap MotoGP.  Sirkuit bernama "Circuit of Americas" ini akan menjadi tuan rumah untuk balap kedua MotoGP musim 2013.

"Sekarang kami harus mengubah pola pikir kami," kata Lorenzo. "Kami mendatangi trek yang benar-benar berbeda - bukan hanya layoutnya namun juga aspal, iklim, dan beberapa situasi lain."

Circuit of Americas sekarang menjadi arena balap ketiga di AS pada kalender MotoGP, bersama dengan Laguna Seca dan Indianapolis. Laguna Seca dijadwalkan dipakai pada Juli, sedangkan balap di Indianapolis akan berlangsung pada Agustus.

Rossi mengatakan, "Austin tidak akan menjadi balap yang mudah, namun podium di Qatar memberi kami motivasi ekstra."

"Trek (Austin) sangat istimewa: terdapat sejumlah turunan dan tanjakan, dan zona pengereman pertama sangat teknikal."

Lorenzo memegang keunggulan lima angka atas Rossi di klasemen kejuaraan, dengan 17 dari 18 balap yang masih harus dijalani.

Lorenzo dan Rossi mendapat sedikit keuntungan menjelang Minggu karena mereka merupakan bagian dari grup kecil pebalap yang mendapat akses tiga hari ke sirkuit baru ini pada bulan lalu.

"Trek Austin memiliki jalur yang sangat lurus dan sejumlah tikungan pada gigi pertama, di mana Anda memerlukan akselerasi dan traksi yang bagus," kata Lorenzo.

Nicky Hayden merupakan salah satu dari tiga pebalap Amerika di Moto GP musim ini, di saat AS sekarang menjadi negara kedua, setelah Spanyol, yang menjadi tuan rumah MotoGP untuk tiga atau lebih balap.

Pebalap Ducati ini ingin memuaskan para penonton tuan rumah. "Saya berharap ini menjadi saat-saat terbaik saya untuk Austin," kata juara 2006 Hayden. "Memiliki tiga Grand Prix di kandang sendiri hampir terasa seperti mimpi bagi saya."

Hayden dan sesama pebalap Amerika Ben Spies juga mengecek trek ini pada pertengahan Maret. Pebalap AS lainnya adalah Colin Edwards, yang membela tim NGM Mobile Forward Racing.

Tim Yamaha mendapat musibah pada Selasa pagi ketika berkobar api di sebelah garasi utama mereka.

Api itu membuat sejumlah peralatan MotoGP dan perlengkapan tim terbakar serta tersiram air dari sistem pemadaman.  "Untungnya itu tidak seburuk seperti yang kami duga sebelumnya," kata direktur tim Massimo Meregalli. (H-RF/I015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013