"Saya meminta kepada kajari yang baru agar memastikan perhelatan pemilu 2024 di wilayah masing-masing berjalan lancar, dan jaga netralitas dengan tidak menunjukkan keberpihakan,"
Medan (ANTARA) - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumatera Utara Idianto mengingatkan kepada tiga kepala kejaksaan negeri (kajari) yang baru agar memastikan perhelatan pemilihan umum 2024 berjalan dengan lancar di wilayah masing-masing.

Tiga kajari dilantik yakni Mayhardy Indra Putra sebagai Kajari Serdang Bedagai menggantikan Muhammad Amin yang dipromosikan menjadi Aspidsus Kejati Lampung, Donny Kayamuddin Ritonga sebagai Kajari Tapanuli Utara menggantikan Much.Suroyo yang mendapat promosi jabatan baru sebagai Kajari Banyumas dan Parada Situmorang sebagai Kajari Gunung Sitoli menggantikan Damha yang mendapat promosi jabatan baru sebagai Kajari Pandeglang.

"Saya meminta kepada kajari yang baru agar memastikan perhelatan pemilu 2024 di wilayah masing-masing berjalan lancar, dan jaga netralitas dengan tidak menunjukkan keberpihakan," ujar Idianto di Medan, Selasa.

Serta, Idianto mengatakan bersinergi dengan bawaslu dan aparat penegak hukum setempat lainnya dengan memperhatikan kewenangan yang dimiliki.

"Wujudkan proses penegakan hukum yang berkeadilan, profesional, dan bermartabat yang dilaksanakan dengan senantiasa mengacu pada hati nurani dan integritas luhur yang menjadi landas pijak," tuturnya.

Ditambah menurutnya agar menciptakan suasana kerja yang menyenangkan dalam mengarahkan pelaksanaan tugas, guna menjaga keharmonisan, kekompakan, agar tetap selaras dengan visi dan misi korps.

"Serta curahkan kemampuan, pengetahuan, dan pengalaman untuk menghasilkan capaian kinerja yang optimal dan hasilnya dapat dirasakan manfaatnya secara konkrit bagi kemajuan Kejaksaan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Idianto juga menekankan agar seluruh jajarannya menjaga integritas, jauhi penyimpangan, dan perbuatan tercela dalam melaksanakan tugas, serta menjadi suri tauladan yang baik bagi seluruh jajaran, meningkatkan pengawasan melekat terhadap seluruh jajaran di satuan kerja masing-masing.

"Kepada pejabat yang akan menduduki jabatan baru semoga selalu sukses dan amanah dalam menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab serta profesional dengan tetap menjunjung tinggi integritas," tuturnya.

 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023