Surabaya (ANTARA News) - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan optimistis perekonomian di Indonesia pada lima atau enam tahun mendatang mencapai 10 besar dunia.

"Ekonomi Indonesia saat ini tidak kecil lagi karena sudah peringkat 15 terbesar di dunia. Banyak yang belum tahu soal itu," kata Menteri Perdagangan saat memberikan bantuan puluhan gerobak kepada para pedagang di Ponpes Bumi Sholawat, Tulangan, Sidoarjo, Jatim, Jumat malam.

Bahkan, lanjut dia, perekonomian pada lima atau enam tahun mendatang bisa mencapai 10 besar dunia. "Tentunya dalam waktu 17-20 tahun, perekonomian akan menjadi nomor lima atau enam terbesar di dunia," ujarnya.

Ia mengatakan hal ini menjadi luar bisa jika rakyat Indonesia bisa mengunakan kue ekonomi ini untuk mencapai kesejahteraan.

"Kalau bicara suara rakyat, rakyat menginginkan segala hal atau harga bisa terjangkau," katanya.

Untuk itu, pihaknya tidak ingin agar tingginya harga bawang putih yang mencapai Rp90 ribu per kilogram beberapa waktu lalu terulang kembali.

"Memang kemarin ada kesalahan di sisi pemerintah, saya mohon maaf jika harga bawang putih melonjak. Tapi bersyukur sekarang sudah turun hingga Rp15 ribu perkilogram. Begitu juga dengan harga bawang merah yang juga sudah stabil," katanya.

Mendag menekankan agar kepentingan produsen atau petani, nelayan, peternak tetap diutamakan. "Itu agar mereka bisa menjual produknya dengan harga stabil. Harga tidak boleh tinggi maupun rendah agar tercipta keseimbangan," katanya.

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013