Cirebon (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan bantuan modal usaha senilai Rp20 juta untuk dua peternak bebek di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, agar mereka bisa lebih mengembangkan bisnis sehingga dapat menambah penghasilan.

Bantuan modal itu diberikan langsung oleh Jokowi secara spontanitas ke dua peternak asal Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon, saat diminta tampil di panggung utama dalam acara Rapimnas Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN) 2023, di Kota Cirebon, Selasa.

Jokowi memanggil kedua peternak dari Cirebon itu untuk naik ke atas panggung dan mendengar keresahan mereka yang sedang kesulitan dalam masalah permodalan usahanya.

Mendengar keluhan tersebut, Jokowi langsung mengucurkan dana untuk tambahan modal usaha Rp10 juta bagi masing-masing peternak bebek itu.

"Saya senang urusan bebek, ya udah kasih modal, beri Rp10 juta per orang untuk tambahan modal, jangan dibelikan sepeda motor," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi juga memberikan apresiasi ke seluruh anggota JAMAN karena telah berkontribusi membantu petani, peternak dan nelayan di Cirebon untuk mencapai kemandirian secara ekonomi.

"Jaman ini diam-diam produktif semua dan kaya-kaya," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan ke masyarakat Cirebon terus bekerja membangun daerahnya, karena menurutnya hal itu akan menjaga stabilitas ekonomi dan tidak terganggu dengan situasi tahun politik menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023