Cirebon (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Jawa Barat, mencatat sebanyak 43.474 unit kendaraan dari Jawa menuju Jakarta telah melintasi ruas jalur arteri saat puncak arus balik pada H+4 Lebaran 2024.

Petugas Posko Dishub Kota Cirebon Libo Widi di Cirebon, Minggu, menyebutkan saat ini arus kendaraan di wilayahnya cenderung mengalami lonjakan dengan jumlah 3.623 unit per jam yang melaju ke arah Jakarta.

Baca juga: Perlengkapan sederhana yang harus ada di mobil saat terjang arus balik

“Jumlah itu sedikit lebih banyak dari Sabtu (13/4), yang angkanya sekitar 3.506 unit per jam. Kendaraan yang melintas akan bertambah banyak karena sekarang diprediksi jadi puncak arus balik,” katanya.

Ia menjelaskan, pergerakan kendaraan yang melewati ruas arteri di Kota Cirebon, masih didominasi pengemudi sepeda motor sebanyak 38.117 unit serta sisanya merupakan roda empat atau mobil pribadi sekitar 4.341 unit.

Peningkatan yang masih berlangsung, kata dia, membuat arus lalu lintas di jalur arteri itu terpantau padat tetapi masih bisa dilintasi pengendara dengan aman dan lancar.

Menurut Libo, iring-iringan kendaraan dari arah Jawa diperkirakan akan terus meningkat seiring banyaknya masyarakat yang kembali ke daerah asal, khususnya Jakarta.

Baca juga: Arus kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang padat

“Libur Lebaran sendiri akan berakhir mulai Senin (15/4) besok. Jadi kemungkinan masyarakat yang mudik, bakal kembali lagi untuk melakukan perjalanan balik,” ujarnya.

Ia menyampaikan, pengemudi kendaraan yang hendak melintasi ruas arteri, diimbau tetap berhati-hati serta terus menaati arahan dari petugas kepolisian setempat demi kelancaran arus lalu lintas.

Jika dirasa lelah, tambah dia, pengendara perlu menyempatkan waktu beristirahat sebelum melanjutkan kembali perjalanan balik. Hal tersebut penting dilakukan agar mereka sampai ke tujuan dengan selamat.

“Pengendara harus berhati-hati. Kemudian patuhi rambu serta arahan petugas,” ucap dia.

Baca juga: Menhub sebut penyeberangan Sumatera-Jawa ditambah jadi 146 trip

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024