Bentuk kontribusi dan kepedulian Pemerintah Aceh dalam membantu masyarakat terdampak gagal panen.
Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat Bupati Aceh Tengah T Mirzuan menyerahkan bantuan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Aceh untuk masyarakat terdampak bencana, sehingga menyebabkan gagal panen tanaman pangan pada tujuh desa atau kampung di Kecamatan Lut Tawar daerah ini.

"Ini merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian Pemerintah Aceh dalam membantu masyarakat yang terdampak gagal panen," kata T Mirzuan, di Aceh Tengah, Selasa.

Ia menjelaskan pemerintah kabupaten setempat sangat mengapresiasi penyaluran bantuan tersebut oleh Pemerintah Aceh, karena sangat membantu meringankan beban para petani.

Pemkab Aceh Tengah juga berharap para petani juga dapat termotivasi untuk terus berupaya maksimal dalam mengolah lahan pertanian yang dimiliki demi memenuhi kebutuhan beras di daerah itu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan Aceh Surya Rayendra mengatakan bantuan yang diberikan berupa beras sebanyak 10,5 ton untuk total penerima sebanyak 1.173 jiwa.

Menurut dia, bantuan cadangan pangan tersebut merupakan suatu kewajiban pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota.

"Semoga bantuan ini bisa mengurangi sedikit beban masyarakat terlebih kondisi saat ini beras memang agak susah dan kondisi perekonomian juga sedang sulit," katanya pula.

Adapun tujuh desa penerima bantuan ini adalah Kampung Waq Toweren sebanyak 1.665 kg beras untuk 185 jiwa, Toweren Antara 1.836 kg untuk 204 jiwa.

Selanjutnya, untuk Kampung Toweren Toa sebanyak 1.791 kg untuk 199 jiwa, Teluk One One sebanyak 684 kg untuk 76 jiwa, Toweren Uken sebanyak 2.898 kg untuk 322 jiwa, Kenawat sebanyak 540 kg untuk 60 jiwa, dan Kampung Pedemun sebanyak 1.143 kg untuk 127 jiwa.

Selain beras, bantuan lainnya yang diberikan juga berupa benih bawang merah, mulsa, dan pupuk untuk 20 kelompok tani di kecamatan itu, katanya lagi.
Baca juga: PT Pos telah salurkan 3,5 juta kilogram beras bantuan pangan di Aceh
Baca juga: Bulog Kediri salurkan 2.837 ton beras program bantuan pangan

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023