Peningkatan kualitas dan daya saing SDM khususnya OAP sebagai prioritas pelaksanaan pembangunan.
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tetap memprioritaskan pemberdayaan ekonomi Orang Asli Papua (OAP) melalui hilirisasi berbasis produk unggulan daerah di bidang pertanian, peternakan, kelautan, dan perikanan.

Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Papua Derek Hegemur, di Jayapura, Selasa, mengatakan pemberdayaan ekonomi OAP di berbagai sektor tersebut melalui peningkatan nilai tambah produk yang didukung dengan pelatihan industri dan pemasaran

"Tetapi juga pembinaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan mendukung penggunaan atau belanja produk lokal Papua dengan menarik investasi yang tetap memperhatikan keberpihakan, perlindungan dan pemberdayaan OAP," katanya lagi.

Menurut Hegemur, dengan demikian akan memperluas lapangan kerja dan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat secara berkelanjutan.

Dia menjelaskan Pemprov Papua juga mendukung pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) baik melalui program dan kegiatan dari berbagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan juga dukungan langsung kepada pemerintah kabupaten.

"Diharapkan STC 2023 berjalan dengan aman dan lancar serta sukses, karena itu bagian dalam peningkatan dan pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya sektor UMKM yang pelakunya sebagian besar merupakan OAP," ujarnya.

Pihaknya akan terus berupaya untuk peningkatan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) khususnya OAP sebagai prioritas pelaksanaan pembangunan.

"Peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelayanan kesehatan masyarakat juga merupakan prioritas pembangunan daerah yang tentunya akan diikuti dengan dukungan anggaran yang cukup dan memadai," katanya lagi.
Baca juga: Memberdayakan pemuda Biak melalui kegiatan usaha

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023