Kebakaran lahan tersebut sudah mendekati rumah penduduk
Tamiang Layang (ANTARA) - Tim gabungan terdiri dari Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Barito Hilir, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), Manggala Agni dan perusahaan melakukan pemadaman kebakaran lahan di wilayah perusahaan PT Heroes Green Energi (HGE).

"Kebakaran lahan tersebut sudah mendekati rumah penduduk," kata Kepala KPHP Barito Hilir Zainal di Tamiang Layang, Selasa.

Tim yang ikut memadamkan api di lahan anak perusahaan PT Ciliandry Anky Abadi itu yakni Tim Manggala Agni, Tim KPHP Barito Hilir, Tim Karhutla PT HGE.

"Saat ini tim sedang melakukan pemadaman kebakaran lahan," katanya.

Madi, warga Desa Plantau, mengatakan kebakaran lahan itu terjadi selama sepekan dan diperkirakan sudah melahap 20 - 30 hektare.

“Luas pak, sekitar 20 sampai 30 hektare,” kata Madi.

Baca juga: BNPB temukan 63 titik karhutla di Kalimantan Tengah

Menurutnya, ia bersama warga mengetahui kebakaran itu berasal dari areal kebun PT HGE dan terus terbakar dan meluas karena lahan gambut dan kering pada musim kemarau.

Manajer Umum dan Humas PT HGE (CAA Group) Erwin Fahriadi menepis kebakaran itu berasal dari areal kebun.

"Areal hutan sekitar kebun yang banyak terbakar. Karena lahannya gambut, jadi susah dipadamkan akhirnya menjalar ke areal kebun kami (PT HGE),” kata Erwin.

Erwin mengatakan  pihaknya secara bersama-sama menangani kebakaran hutan dan lahan itu hingga bermalam di lokasi.

"Kami menggalang kerja sama dengan Manggala Agni, TNI Polri, Polsek Pematang Karau, warga untuk menangani kebakaran hutan dan lahan itu," ucapnya. 

Baca juga: DPR RI ajak masyarakat Kalimantan Tengah cegah karhutla
Baca juga: BPBD Palangka Raya ajukan penambahan personel untuk tangani karhutla

Pewarta: Kasriadi/Habibullah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023