Pengembangan SDM yang unggul tentunya didukung oleh sistem kesehatan yang prima...
Jakarta (ANTARA) - PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) menyatakan komitmennya dalam mengembangkan sumber daya manusia yang unggul dan ketahanan finansial masyarakat Indonesia.

Presiden Direktur Prudential Indonesia Michellina L. Triwardhany mengatakan salah satunya dengan meningkatkan kesadaran pentingnya perlindungan kesehatan dan jiwa, guna mewujudkan kondisi finansial yang kuat agar semakin berdaya dalam mengarungi tantangan hidup.

"Pengembangan SDM yang unggul tentunya didukung oleh sistem kesehatan yang prima dan stabilitas keuangan yang kokoh, sehingga setiap individu akan selalu siap untuk menghadapi tantangan dan perubahan yang cepat," katanya di Jakarta, Rabu.

Industri asuransi jiwa, lanjutnya melalui keterangan tertulis, berperan penting mendukung pengembangan SDM melalui inovasi produk dan layanan guna memberikan perlindungan baik jiwa, kesehatan dan stabilitas keuangan.

Menurut dia, pandemi Covid-19 telah menjadi pengingat bagi masyarakat akan pentingnya mempersiapkan perlindungan baik jiwa maupun kesehatan demi menjaga stabilitas keuangan keluarga. Tidak hanya itu, risiko terjadinya penyakit kritis pun meningkat pascapandemi.

Berdasarkan data Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), kasus penyakit katastropik (jantung, kanker, stroke, gagal ginjal, dan lainnya) di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 23,3 juta kasus di tahun 2022 .

Oleh karenanya diperlukan peningkatan sistem layanan kesehatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, agar masyarakat semakin yakin melangkah dalam menghadapi berbagai risiko tak terduga di masa depan.

Meningkatnya kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat juga perlu didukung dengan berbagai hal penunjang, termasuk salah satunya jumlah tenaga medis.

Dia menyebutkan keterbatasan jumlah SDM dengan latar belakang bidang kesehatan juga menjadi perhatian pelaku industri asuransi jiwa.

Terkait dengan hal itu, Triwardhany mengungkapkan hingga Agustus 2023 perusahaan didukung oleh 176 staf dengan latar belakang pendidikan bidang kesehatan mulai dari dokter, perawat hingga public health.

Baca juga: Prudential Syariah tingkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah
Baca juga: Fitur kesehatan Pulse by Prudential dapat diakses tanpa biaya

Pewarta: Subagyo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023