Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan terus mendorong peran Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) di perusahaan guna mencegah kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja di tempat kerja.

"Peran P2K3 jika diefektifkan maka akan sangat membantu pemerintah dalam menangani kecelakaan kerja, maupun penyakit akibat kerja yang sedini mungkin bisa kita lakukan bersama-sama," kata Dirjen Binwasnaker dan K3 Kemnaker, Haiyani Rumondang dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Pada acara Focus Group Discussion (FGD) tentang Penilaian Efektivitas Peran P2K3 di Perusahaan, di Bogor, Haiyani mengatakan dalam rangka meningkatkan peran P2K3, Kemnaker telah beberapa kali menyelenggarakan pertemuan dengan mengundang para pengurus P2K3 secara Nasional.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga melakukan pertemuan Evaluasi Efektifitas Peran P2K3 dalam Upaya Penanganan COVID-19.

Kedua pertemuan tersebut, kata Haiyani, menjadi dasar untuk mengetahui efektivitas P2K3 yang lebih akurat dan akuntabel.

"Peran pemerintah daerah, pengawas ketenagakerjaan beserta jajaran sangat penting, namun yang tak kalah penting adalah kita melakukan evaluasi apakah aturan yang ada perlu disesuaikan dengan kondisi terkini," tuturnya.

Baca juga: Kemnaker tingkatkan kapasitas pengelola Karirhub dan Job Fair Virtual

Sementara itu, Direktur Bina Kelembagaan K3, Hery Sutanto, mengatakan, FGD kali ini bertujuan untuk mendapatkan masukan beberapa pihak terkait perubahan Peraturan Menteri No, 04/Men/1987 tentang P2K3; menyampaikan informasi terkait hasil penilaian efektivitas P2K3 yang telah dilaksanakan melalui survey; serta menyampaikan informasi terkait layanan Norma 100.

"FGD Penilaian Efektivitas Peran P2K3 di perusahaan ini adalah pertemuan lanjutan yang dipimpin langsung oleh Ibu Menteri Ketenagakerjaan, yang dilanjutkan dengan evaluasi efektivitas peran P2K3 dalam Penanganan COVID-19, dan FGD efektifitas peran P2K3 di perusahaan yang dilaksanakan sebelumnya," katanya.


Baca juga: Menaker ingatkan pentingnya pekerja migran miliki keterampilan
Baca juga: Kemnaker: 114 peserta ikuti seleksi calon anggota BNSP
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023